Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Cuka Kayu untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya di Taman

Kompas.com - 28/03/2024, 17:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka putih dan cuka sari apel sudah tak asing lagi dalam hal pembersihan rumah. 

Cuka putih sering digunakan untuk tugas membersihkan rumah, seperti membersihkan noda dan kotoran, menghilangkan bau, membasmi hama, serta memutih pakaian. 

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Wastafel Dapur yang Tersumbat dengan Baking Soda dan Cuka

Sedangkan cuka sari apel memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti mengatur kadar gula dalam darah, membantu menurunkan berat badan, serta meningkatkan kesehatan kulit. 

Namun, bagaimana dengan cuka kayu? Apakah Anda pernah mendengarnya? 

Cuka kayu memang bukan tambahan yang bagus untuk salad, rumah, dan kesehatan, melainkan untuk taman.

Dilansir dari House Digest, Kamis (28/3/2024), cuka kayu adalah cairan alami yang merupakan produk sampingan dari penyulingan kayu atau bahan tanaman lainnya yang merusak.

Meski sebagian besar terdiri atas air, cuka kayu mengandung hampir 200 senyawa organik, beberapa di antaranya asam asetat, aseton, dan metanol. 

Baca juga: 9 Benda yang Dapat Dibersihkan dengan Cuka, Apa Saja?

Proses pembuatan cuka kayu sedikit rumit dan bukan sesuatu yang bisa Anda buat sendiri, karena memerlukan pengaturan yang rumit serta bisa sangat berbahaya.

Namun, pada intinya, untuk membuat cuka kayu, kayu dipanaskan dalam wadah kedap udara tanpa oksigen sehingga menyebabkan kayu terurai dan melepaskan senyawa yang mudah menguap. Uap ini kemudian dikondensasi menjadi bentuk cair, menghasilkan cuka kayu.

Ada sejumlah manfaat cuka kayu untuk tamaman dan taman, seperti sebagai pestisida alami, menggantikan penggunaan bahan kimia berbahaya yang mungkin masuk ke makanan jika Anda menggunakannya pada tanaman pangan. 

Selain itu, manfaat cuka kayu untuk tanaman adalah meningkatkan kesehatan tanah di taman karena dapat meningkatkan aktivitas mikroba.

Pada saat bersamaan, cuka kayu dapat membantu tanaman mengembangkan akar yang lebih kuat sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi dan pada akhirnya menghasilkan hasil panen lebih kuat.

Cuka kayu juga dipercaya dapat meningkatkan cita rasa tanaman yang dapat dimakan. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Warna Lantai Kayu dengan Cuka dan Sabut Baja

Cara menggunakan cuka kayu di taman

Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan. Shutterstock/New Africa Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan.
Jika manfaat cuka kayu terdengar menarik, Anda pasti ingin mengetahui cara menggunakan cuka kayu pada tanaman di tama  untuk membantu mendorong pertumbuhan yang lebih sehat.

Salah satu metode yang umum adalah menggunakan cuka kayu sebagai semprotan daun. Untuk melakukannya, Anda harus mengencerkan cuka kayu dengan air sesuai dengan petunjuk pabrik yang tertera pada botol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com