Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi Pakai Cuka

Kompas.com - 20/12/2023, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik rumah melapisi dinding kamar mandi dengan keramik. Namun demikian, menjaga kebersihan dinding keramik kamar mandi bisa menjadi tantangan tersendiri.

Pertama, dinding keramik kamar mandi bisa mudah terkena jamur dan lumut karena kelembapan yang terus-menerus di kamar mandi sepanjang waktu.

Kedua, saat membersihkan dinding keramik kamar mandi, Anda juga perlu memastikan bahwa Anda tidak menggunakan bahan yang sangat korosif yang dapat merusak keramik.

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat Dinding untuk Kamar Mandi

Ilustrasi membersihkan dinding kamar mandi. SHUTTERSTOCK/JANIS SMITS Ilustrasi membersihkan dinding kamar mandi.

Nah, untuk membersihkan dinding keramik kamar mandi, Anda bisa menggunakan bahan yang mungkin sudah ada di dapur Anda, yakni cuka putih.

“Cuka adalah pembersih serbaguna yang dapat digunakan untuk membersihkan jendela, cermin, dan bak mandi, terutama ubin,” kata Perrin Carrell dari Agent Advice, dikutip dari Apartment Therapy, Rabu (20/12/2023).

Menurut Carrell, cuka putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan jamur dan lumut dengan lebih mudah dibandingkan pembersih berbahan kimia yang dijual di pasaran.

Alasannya adalah karena cuka putih mengandung asam asetat, yang merupakan senyawa yang sangat kuat sehingga dapat melarutkan endapan mineral, kotoran, dan minyak dengan sangat cepat.

Baca juga: 5 Pelapis Dinding Kamar Mandi yang Tahan Air

Karena cuka putih tidak mengandung zat pewarna, maka tidak akan menodai permukaan atau meninggalkan goresan, yang merupakan masalah yang dapat terjadi pada cuka yang berwarna lebih gelap.

Cara membersihkan dinding keramik kamar mandi dengan cuka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com