Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding kamar mandi berbeda dengan dinding di bagian rumah lainnya. Di ruang keluarga, kamar tidur, lorong, dan area lain yang benar-benar kering, semua jenis penutup dinding dapat digunakan.

Bahkan dapur yang sebagian besar kering dapat memiliki hampir semua jenis penutup dinding. Backsplash melindungi area-area penting di dapur untuk melindungi dari noda dan cairan. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Desain yang Dilakukan di Kamar Mandi Kecil

Namun, di kamar mandi, air datang dari segala arah dan banyak kelembapan yang dimiliki, baik dari bak mandi, shower air, maupun udara yang sarat kelembapan. Semua ini sangat merusak dinding kamar mandi.

Memasang exhaust fan memang membantu menghilangkan kelembapan di kamar mandi, tapi kamar mandi yang berventilasi baik pun bisa mengalami masalah kelembapan. 

Sebagai solusi, memilih pelapis dinding kamar mandi yang tepat. Dilansir dari The Spruce, Rabu (9/8/2023), berikut pilihan pelapis dinding kamar mandi yang tahan air.  

Baca juga: Ubin Vertikal Vs Horizontal, Ini yang Cocok untuk Dinding Kamar Mandi Kecil

Wallpaper vinil

Ilustrasi wallpaper di kamar mandi.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi wallpaper di kamar mandi.
Wallpaper berlapis vinil adalah salah satu pilihan terbaik untuk dinding kamar mandi dalam hal fungsionalitas.

Wallpaper vinil telah berkembang dan menjadi canggih. Peritel, seperti Tempaper, menawarkan wallpaper vinil cantik yang telah menghiasi rumah-rumah yang ditampilkan di majalah gaya dan tempat tinggal. 

Pastikan permukaan dinding kamar mandi saat ini dapat menerima wallpaper vinil yang dapat dikupas. Karena tidak terlalu lengket dibanding wallpaper permanen, wallpaper vinil yang dapat dikupas tidak akan menempel pada permukaan matte, datar, atau kasar.

Selain itu, wallpaper vinil bekerja paling baik untuk kelembapan tidak langsung dan Anda dapat mencobanya sebelum mengaplikasikannya.

Belilah gulungan atau sampel, lalu tempelkan di ruangan. Pola besar akan mengurangi ukuran kamar mandi secara visual.

Pola vertikal akan menarik pandangan Anda ke atas dan membuat ruangan terasa lebih tinggi. Horisontal tampak melebarkannya. 

Baca juga: Jangan Abai, Ini 7 Area Kamar Mandi yang Kerap Lupa Dibersihkan

Cat dinding semi-gloss 

Selanjutnya, pelapis dinding kamar mandi yang tahan air adalah cat semi gloss. Cat dengan kila tinggi cocok untuk di kamar mandi karena air akan mengendap di permukaan ini.

Namun, cat premium dengan aditif pembunuh jamur memungkinkan Anda mendapatkan kilau datar yang diinginkan di kamar mandi. 

Keuntungan lain menggunakan cat semi gloss adalah harganya relatif murah serta mudah diaplikasikan.  

Baca juga: Cermin Tidak Boleh Menghadap Pintu Kamar Mandi, Kenapa?

Ubin keramik atau kaca

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi.
Ubin keramik adalah pilihan klasik untuk dinding kamar mandi. Dengan ubin, selama diaplikasikan dengan benar, kelembapan tidak akan pernah menjadi masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com