Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 5 Kesalahan Desain yang Dilakukan di Kamar Mandi Kecil

Kompas.com - 08/08/2023, 08:53 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu ruangan tersibuk di rumah lantaran semua anggota keluarga mengaksesnya setiap hari. 

Kamar mandi menjadi ruangan memulai dan mengakhiri hari-hari setelah berativitas atau bekerja seharian. Kamar mandi tak hanya digunakan untuk mandi, tetapi juga perawatan diri dan relaksasi layaknya di tempat spa. 

Baca juga: Ubin Vertikal Vs Horizontal, Ini yang Cocok untuk Dinding Kamar Mandi Kecil

 

Namun, kamar mandi kecil sering kali sulit menjadi oasis yang sangat menenangkan. Selain karena keterbatasan lahan, ada beberapa kesalahan desain yang dilakukan pemilik membuat kamar mandi tampak semakin kecil.

Nah, dilansir dari My Domaine, Selasa (8/8/2023), sejumlah ahli desain dan organisasi membagikan kesalahan desain yang dilakukan di kamar mandi kecil dan cara memperbaikinya.

Berpikir semuanya harus berwarna putih

Ilustrasi kamar mandi.UNSPLASH/HEMANT KANOJIYA Ilustrasi kamar mandi.
Ini adalah rumor yang terus-menerus beredar di seluruh rumah. Putih adalah warna cerah dan memiliki efek membuat ruangan tampak besar. Tak heran, sering diterapkan di kamar mandi kecil, padahal tidak selalu demikian. 

Kamar mandi, kadang-kadang, akan mendapatkan banyak warna, tapi rasa desain yang bebas dapat diterapkan pada kamar mandi kecil manapun.

Seperti dikatakan Desiree Burns, desainer interior dari Desiree Burns Interiors, jangan takut menggunakan warna gelap dan pola berani di kamar mandi kecil karena dapat memberikan dampak sangat besar pada ruangan. 

Desainer interioer Laura Cattano menambahkan, jika memiliki wallpaper, gunakan warna yang serasi pada plafon, bukan putih. "Ini mungkin ruangan yang mungil, tapi bukan berarti Anda harus menahan diri," ucapnya.  

Baca juga: Ide Penyimpanan Barang di Kamar Mandi Kecil agar Tak Berantakan

Menjaga segala sesuatu di tempat terbuka 

Kekacauan adalah musuh bagi ruangan kecil. Semakin banyak barang, semakin banyak barang yang memakan tempat dan semakin sempit ruangan.

Cattano menambahkan, kesalahan desain yang dilakukan di kamar mandi kecil adalah tidak adanya keseimbangan antara penyimpanan terbuka dan tertutup.

Mengeluarkan barang-barang yang tidak indah atau menginspirasi, seperti gunting kuku, pasta gigi, atau hairspray membuat kamar mandi kecil terasa semakin sempit. 

Holly Blakey, desainer interior dari Breathing Room Organization, menyarankan meminimalkan jumlah barang di meja kamar mandi.

Idealnya, tetaplah berpegang pada aturan tiga barang, yaitu sikat gigi, sabun, dan mungkin barang dekoratif, seperti vas bunga kecil. 

"Jika harus memiliki lebih banyak barang di atas meja, berikan tempat di atas nampan putih yang cantik sehingga semuanya memiliki tempat dan tidak mulai mengambil alih, saran Blakey. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Kamar Mandi Kecil Lebih Istimewa dengan Biaya Minim

Berfokus pada dekorasi tanpa tujuan 

Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.SHUTTERSTOCK/SS 360 Ilustrasi kamar mandi kecil, kamar mandi sempit.
Selanjutnya, kesalahan desain yang dilakukan di kamar mandi kecil adalah berfokus pada dekorasi tanpa tujuan Saat mendekorasi kamar mandi kecil, jangan sia-siakan luas ruangan yang berharga untuk barang-barang dekoratif yang tidak fungsional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com