Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ide Mendekorasi Kamar Mandi Kecil Lebih Istimewa dengan Biaya Minim

Kompas.com - 26/06/2023, 15:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah. 

Namun, kamar mandi kecil dianggap kurang menarik lantaran keterbatasan lahan yang dimiliki sehingga sulit dan rumit untuk mendekorasinya. 

Baca juga: 5 Barang yang Menyebabkan Kamar Mandi Berantakan

Namun, jangan biarkan kamar mandi kecil membuat Anda kecewa. Ada begitu banyak cara memaksimalkan kamar mandi kecil agar memenuhi kebutuhan sehari-har, tapi juga terlihat cantik dan tanpa menghabiskan anggaran.

Disadur dari The Spruce, Senin (26/6/2023), beberapa desainer interior berbagi ide mendekorasi kamar mandi kecil lebih istimewa sambil tetap berpegang pada anggaran.

Gantungkan beberapa karya seni

Ilustrasi kamar mandi kecil, area shower di kamar mandi.SHUTTERSTOCK/PROCREATORS Ilustrasi kamar mandi kecil, area shower di kamar mandi.
Seni dinding tidak harus mahal, tapi akan sangat membantu membuat kamar mandi kecil terasa lebih hidup.

"Belilah gambar yang indah, entah itu tentang botani, arsitektur, peta, atau hewan, lalu lepaskan dengan hati-hati, bingkai, dan gantung di dinding," kata Francie Winchester, desainer interior Francie Winchester Interior Design.

Bahkan, Anda bisa membuat dinding galeri di kamar mandi kecil jika mau. "Tarik potongan-potongan yang telah Anda kumpulkan selama bertahun-tahun atau cetakan yang akan memberikan kepribadian pada kamar mandi," ucap Melissa Mahoney dari Melissa Mahoney Design House.

Galeri Anda bisa terdiri atas beberapa karya kecil yang digantung di kolom vertikal untuk menambah ketinggian pada ruang yang sempit atau galeri sudut dengan lebih banyak karya untuk memaksimalkan keberadaan ruangan terkecil sekalipun. 

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan di Kamar Mandi, Manfaatkan Ruang di Atas Kloset

Tukar lampu dengan perlengkapan lampu

Selanjutnya, ide mendekorasi kamar mandi kecil lebih istimewa adalah menukar lampu dengan perlengkapan lampu.

Shannon Demma, desainer interior dari Urbana Design, menyarankan menukar lampu yang membuat kamar mandi terlihat buruk. "Pertahankan krom atau nikel yang disikat karena harganya lebih murah dan cenderung lebih awet," katanya.

Anda tidak akan menyesal melakukan perubahan pencahayaan. "Pencahayaan baru bisa sangat membantu mencerahkan kamar mandi kecil serta memberikan tampilan yang benar-benar baru," imbuh Jaime Elkins dari Elkins Interiors. 

Baca juga: 8 Ide Membuat Kamar Mandi Kecil Lebih Besar dan Menarik

Ganti tirai kamar mandi

Ilustrasi kamar mandi.UNSPLASH/HEMANT KANOJIYA Ilustrasi kamar mandi.
Nishtha Sadana dari NISH mengatakan menghadirkan tirai kamar mandi baru yang menyegarkan dengan desain berani adalah sesuatu yang menarik.

"Ini saatnya Anda memberikan tampilan desainer pada kamar mandi kecil," ujarnya. 

Untuk tirai kamar mandi, cobalah kreasi dari Shamika Lynch dari Maximizing Tiny. "Salah satu pembaruan hemat biaya favorit saya adalah menggunakan tirai standar sebagai tirai kamar mandi dan memasangnya lebih tinggi dari tirai biasa," katanya.

Di kamar mandi kecil, hal ini membantu menekankan ketinggian plafon dan merupakan kesempatan besar menambahkan warna atau pola ke dalam kamar mandi kecil serta membuatnya terasa mewah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com