Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kucing Lykoi dari Ciri-ciri hingga Cara Merawatnya

Kompas.com - 12/05/2024, 19:14 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai. Hewan berbulu ini memiliki tingkah laku yang lucu, sehingga membuat orang tertarik untuk memeliharanya. 

Hewan peliharaan ini memiliki banyak jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu ras kucing yang memiliki karakteristik unik yaitu ras kucing lykoi.

Baca juga: 10 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara di Apartemen, Mana Kesukaan Anda?

Sekilas, kucing lykoi memiliki penampilan seperti serigala. Meski mirip dengan serigala, kucing ini memiliki sifat ramah, senang bertemu orang baru, dan bermain. 

Dikutip dari The Spruce Pets, Minggu (12/5/2024), berikut ini penjelasan seputar kucing lykoi dari ciri-ciri sampai cara merawatnya. 

Ciri-ciri kucing lykoi

kucing lykoiShutterstock/Nynke van Holten kucing lykoi

Kucing lykoi tidak terlihat seperti ras kucing lainnya. Kucing ini memiliki topeng tak berbulu yang menghubungkan hidung, moncong, mata, dan telinga, sehingga terlihat seperti manusia serigala. 

Sekilas bulu kucing ini terlihat kasar dan tipis, namun sebenarnya bulunya sangat lembut dan halus saat disentuh. 

Baca juga: 9 Ras Kucing yang Sudah Jarang Ditemukan di Dunia

Kucing lykoi seharusnya memiliki pola warna yang terdiri dari campuran rambut berpigmen dan rambut putih tak berpigmen. Pola warna seperti ini akan jelas terlihat pada kucing berwarna solid, seperti kucing hitam.

Selain topeng di wajah, ciri kucing lykoi juga bisa dilihat dari telinganya yang besar dan berbulu. Mata kucing ini berukuran sedang dan lonjong hingga bulat dengan pinggiran tak berbulu. 

Lykoi bertumbuh ramping dengan tulang sedang. Bulunya tipis dan tubuh bagian bawahnya tidak berbulu. 

Lykoi adalah ras kucing yang sangat ramah dan mudah bergaul. Kucing ini bisa dipelihara bersama dengan kucing lain atau anjing. 

Baca juga: 6 Ras Kucing Tak Berbulu yang Lucu Dan Menggemaskan

Kucing lykoi juga memiliki sifat senang bermain, bahkan dengan orang baru. Namun, perlu diketahui juga bahwa kucing ini sangat rentan terhadap paparan sinar matahari. 

Kucing ini juga mudah merasa kedinginan jika berada di luar ruangan saat cuaca sedang dingin dan beresiko mengalami hipotermia.

Cara merawat kucing lykoi

Bulu kucing lykoi yang unik ternyata tidak mudah rontok dan tidak perlu terlalu sering disisir, namun tetap membutuhkan perawatan. Saat menyisir bulu kucing lykoi, lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores kulitnya yang lembut. 

Sebelum menggunakan sikat, sebaiknya coba terlebih dahulu di kulit lengan untuk memastikan sikat bulu kucing. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com