Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2024, 09:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk membuat taman terlihat lebih subur. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas tanah

Bliss Bendall, seorang ahli hortikultura bersertifikat, menjelaskan bahwa memperbaiki tanah berarti mengubah strukturnya untuk meningkatkan kesuburan. 

Baca juga: Ini Cara Menguji Kualitas Tanah Pot Sebelum Menanam Tanaman

Menurut Bendall, cara memperbaiki kualitas tanah tidak hanya menggunakan kompos dan pupuk. Menanam tanaman yang tepat juga bisa meningkatkan kualitas tanah. 

Dikutip dari Real Simple, Minggu (26/5/2024), berikut ini beberapa pilihan tanaman yang dapat meningkatkan kualitas tanah

Bunga matahari

Ilustrasi bunga matahari.Shutterstock/Vera Larina Ilustrasi bunga matahari.

Salah satu tanaman yang bisa meningkatkan kualitas tanah yaitu bunga matahari. Bendall mengatakan, bunga matahari memiliki struktur akar yang sangat luas, sehingga tanaman ini bisa berdiri tinggi dan tegak. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Bunga Matahari Tumbuh Tinggi

Akar yang dalam dan kuat akan tumbuh jauh ke dalam tanah, sehingga secara efektif bisa menciptakan saluran air, udara, dan nutrisi yang membuat tanah lebih subur. 

Kaylyn Hewitt, seorang desainer bunga untuk Thr Bouqs, juga mengatakan bahwa bunga matahari bisa menghilangkan logam berbahaya di dalam tanah. 

Marigold

Selain bunga matahari, marigold juga termasuk tanaman yang dapat meningkatkan kualitas tanah. Tanaman bunga ini juga mempunyai sistem akar yang bermanfaat bagi tanah. 

Selain itu, marigold juga bisa mencegah hama yang dapat merusak tanaman di area tersebut. Bunga ini juga memiliki tampilan yang cantik, sehingga cocok ditanam di halaman rumah.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Marigold, Identik dengan Orang Meninggal

Alfalfa

Alfalfa bisa digunakan sebagai tanaman penutup tanah. Tanaman ini memiliki kemampuan mengikat nitrogen ke dalam tanah sekaligus bisa menjadi mulsa organik. 

Pertumbuhan alfalfa yang sangat lebat juga bisa mencegah erosi tanah dan mendorong penyerapan karbon melalui fotosintesis. 

Bendall juga mengatakan tanaman ini memiliki akar tunggang sehingga bisa meningkatkan sirkulasi udara di dalam tanah dan membuat drainase berfungsi dengan baik. 

Baca juga: Betulkah Jerami Alfalfa Pakan Terbaik untuk Kelinci Peliharaan?

Kacang polong

Ilustrasi tanaman kacang polongShutterstock/oksana2010 Ilustrasi tanaman kacang polong

Kacang polong juga termasuk tanaman yang dapat meningkatkan kualitas tanah. Bendall mengatakan kacang polong dan kacang-kacangan lainnya dikenal sebagai tanaman pengikat nitrogen. 

Tanaman ini mampu meningkatkan unsur hara penting di dalam tanah seiring berjalannya waktu. Nitrogen merupakan unsur hara penting yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman. 

Jika nitrogen terpenuhi, maka tanaman akan tumbuh subur. Kandungan nitrogen dalam tanah yang tinggi membuat penggunaan pupuk nitrogen bisa dikurangi atau bahkan tidak diperlukan lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com