Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Kesalahan Membersihkan Meja Kuarsa yang Harus Dihindari

Kompas.com - 26/05/2024, 14:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kuarsa banyak dipilih untuk melengkapi tampilan dapur di rumah. Selain memiliki motif dan warna yang cantik, meja kuarsa juga tahan panas dan noda. 

Meski tahan terhadap noda, meja kursa tetap perlu dibersihkan dengan benar. Sebab, kesalahan saat membersihkan meja kuarsa, bisa membuat meja ini rusak dan kurang menarik. 

Baca juga: Tips Membersihkan Meja Dapur agar Kembali Kinclong

Dikutip dari House Digest, Minggu (16/5/2024), berikut ini beberapa kesalahan membersihkan meja kuarsa yang harus dihindari. 

Membersihkan permukaan meja dengan cuka murni

membersihkan mejaShutterstock/Ground Picture membersihkan meja

Cuka termasuk bahan pembersih yang sering digunakan di rumah. Namun, cuka murni tidak cocok untuk meja kuarsa. 

Membersihkan meja kuarsa dengan cuka murni bisa menimbulkan goresan hingga perubahan warna. Jika ingin menggunakan cuka, sebaiknya campurkan cukaa dengan air terlebih dahulu. 

Buat larutan cuka dan air dengan perbandingan yang sama. Lalu, semprotkan di atas permukaan dan lap sampai bersih. 

Baca juga: Cara Aman dan Cepat Membersihkan Meja Granit

Menggunakan sabut baja

Sabut baja biasanya digunakan untuk membersihkan noda membandel di perlengkapan dapur. Namun, jangan pernah gunakan sabut baja saat membersihkan meja kuarsa. 

Sebab, alat kebersihan ini bisa merusak permukaan meja kuarsa. Penggunaan berulang kali membuat meja menjadi lecet dan kusam. 

Sebagai gantinya, gunakan spons nilon lembut yang tidak akan menggores permukaan meja, namun tetap bisa menghilangkan noda dengan baik. 

Membersihkan meja kuarsa dengan air sumur

Selanjutnya, kesalahan membersihkan meja kuarsa yaitu membersihkan menggunakan air sumur. Sebab, membersihkan menggunakan air sumur berulang kali bisa meninggalkan residu yang sulit dibersihkan. 

Residu air sumur biasanya berupa lapisan putih yang sulit dibersihkan. Akibatnya, meja kuarsa terlihat lebih kusam dan kurang menarik. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Meja Kaca agar Tampak Berkilau

Menggunakan silet untuk menghilangkan noda membandel

ilustrasi membersihkan meja dapurShutterstock/photopixel ilustrasi membersihkan meja dapur

Jika ada noda membandel di permukaan meja kuarsa, jangan pernah gunakan silet, pisau, atau alat tajam lainnya untuk membersihkan noda tersebut. Sebab, alat tajam bisa meninggalkan goresan di meja kuarsa. 

Sebagai gantinya, gunakan bahan yang lebih lembut untuk menghilangkan noda membandel, seperti pisau dempul.

Pisau ini biasanya digunakan untuk menambal dinding yang berlubang. Permukaan pisau ini tumpul dan lembut, sehingga tidak akan merusak permukaan meja. 

Baca juga: Cara Membersihkan Meja Dapur Marmer dengan Baking Soda

Menggunakan bahan pembersih yang mengandung amonia

Terakhir, kesalahan membersihkan meja kuarsa yaitu menggunakan bahan pembersih yang mengandung amonia. Penggunaan amonia terus menerus bisa merusak permukaan kuarsa yang membuat daya tahannya menurun. 

Amonia juga bisa melonggarkan struktur batu kuarsa. Akibatnya, meja dari kursa akan lebih rentan terhadap noda dan panas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com