Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Mendekorasi Teras yang Harus Dihindari

Kompas.com - 26/05/2024, 19:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Garden ID

JAKARTA, KOMPAS.com - Teras merupakan area luar rumah yang biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul. 

Maka dari itu, desain dan dekorasi di area ini tidak boleh diabadikan begitu saja. Selain mempengaruhi kenyamanan, dekorasi teras juga mempengaruhi tampilan rumah. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Cocok untuk Mendekorasi Teras Rumah

Teras yang cantik membuat rumah terlihat lebih menarik. Sayangnya, masih banyak pemilik rumah yang melakukan kesalahan saat mendekorasi teras

Dikutip dari Garden ID, Minggu (26/5/2024), berikut ini beberapa kesalahan mendekorasi teras yang harus dihindari. 

Mengabaikan keselarasan dekorasi di dalam dan luar ruangan

Ilustrasi teras rumahShutterstock/Avigator Fortuner Ilustrasi teras rumah

Meskipun berada di luar rumah, dekorasi teras harus serasi dengan dekorasi di dalam ruangan. Dengan dekorasi yang serasi, maka tampilan seluruh bagian rumah akan terlihat lebih menarik. 

Namun, perlu diingat bahwa ornamen dekorasi luar ruangan harus dibuat khusus karena tidak semua dekorasi dalam ruangan bisa digunakan di luar ruangan. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Teras Rumah yang Cantik dan Nyaman

Penataan furnitur yang tidak sesuai

Selanjutnya, kesalahan mendekorasi teras yaitu penataan furnitur yang tidak sesuai. Untuk area luar ruangan, pilihlah furnitur yang fungsional dan estetik. 

Jumlah furnitur atau tempat duduk yang diletakkan di teras juga tidak boleh berlebihan, tapi tidak boleh terlalu sedikit. Pilihlah furnitur yang nyaman saat digunakan. 

Tata letaknya juga harus bisa menunjang percakapan agar lebih nyaman saat digunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau tamu yang datang ke rumah. 

Penempatan tanaman hias yang tidak tepat

Selain furnitur, tanaman hias di teras juga harus ditata dengan benar. Penataan yang tidak tepat membuat teras terasa penuh dan mengganggu mobilitas di area tersebut. 

Pastikan tanaman hias tersebar dengan baik agar teras rumah terasa lebih segar dan asri. Jika meletakkan tanaman hias asli, maka pastikan tanaman hias mendapatkan cahaya matahari yang cukup agar bisa tumbuh subur. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pot Terbaik untuk Area Teras Rumah

Menggunakan pencahayaan yang tidak memadai

Ilustrasi pencahayaan di luar rumah.Shutterstock/Jason Finn Ilustrasi pencahayaan di luar rumah.

Pencahayaan juga menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan saat mendekorasi teras. Pilihan pencahayaan untuk teras sebenarnya tidak terbatas.

Namun, pemilihan lampu harus dilakukan dengan benar agar cahayanya bisa menerangi seluruh area teras. Jangan lupa untuk memperhatikan estetika lampu yang digunakan agar teras terlihat lebih menarik. 

Mengabaikan ornamen dekorasi

Terakhir, kesalahan mendekorasi teras yaitu mengabaikan ornamen dekorasi. Padahal, ornamen dekorasi bisa membuat teras terlihat lebih menarik. 

Beberapa ornamen dekorasi yang dapat digunakan untuk menghias teras seperti cermin, karya seni, patung binatang, hiasan dinding, dan beberapa ornamen dekorasi lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com