Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Setiap Minggu agar Rumah Tetap Bersih

Kompas.com - 26/05/2024, 11:47 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang bersih dan rapi membuat suasana hati lebih bahagia. Selain itu, rumah yang bersih juga bisa menjaga kesehatan tubuh. 

Namun, untuk menjaga agar rumah selalu bersih bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa kebiasaan baik yang harus rutin dilakukan agar rumah selalu bersih dan rapi. 

Dikutip dari Real Simple, Minggu (26/5/2024), berikut ini beberapa kebiasaan yang harus dilakukan setiap minggu agar rumah selalu bersih. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Rumah secara Mendalam di Akhir Pekan

Merapikan rumah

Ilustrasi merapikan rumah,SHUTTERSTOCK/EZHENAPHOTO Ilustrasi merapikan rumah,

Merapikan rumah secara rutin merupakan salah satu cara agar rumah selalu bersih. Cobalah untuk membuat jadwal rutin agar kegiatan merapikan rumah terasa lebih ringan. 

Misalnya, merapikan dapur setiap hari jumat agar tidak ada kotoran yang membandel.

Saat merapikan rumah, jangan lupa untuk memisahkan barang-barang yang masih layak pakai dan barang-barang yang rusak atau sudah tidak berfungsi. 

Baca juga: Cukup 10 Menit, Ini 5 Cara Merapikan Rumah

Mengepel lantai

Selanjutnya, kebiasaan yang harus dilakukan setiap minggu agar rumah tetap bersih yaitu mengepel lantai. 

Trisha Lake, pemilik dan CEO TLC Cleaning, mengatakan bahwa mengepel permukaan keras seperti lantai dapur dan kamar mandi menjadi rutinitas yang penting untuk dilakukan. Dengan rutin dipel, maka lantai selalu bersih dan higienis. 

Sebaiknya, buat juga aturan yang berkaitan dengan kebersihan lantai, misalnya larangan mengenakan sepatu di dalam ruangan. Cara ini juga membuat lantai selalu bersih dan higienis. 

Baca juga: 7 Kesalahan Mengepel Lantai yang Harus Dihindari

Mengganti seprai

Seprai merupakan penutup kasur yang digunakan sebagai alas tidur setiap hari. Seprai menjadi salah satu benda paling kotor di kamar tidur. Maka dari itu, seprai perlu rutin dibersihkan. 

Lake menyarankan untuk mengganti seprai setiap minggu. Selain membuat kamar lebih bersih, mengganti seprai juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Membersihkan debu

Membersihkan debu juga termasuk kebiasaan yang harus dilakukan setiap minggu agar rumah tetap bersih. Terutama di area dengan lalu lintas tinggi dan furnitur. 

Cara membersihkan debu bisa menggunakan sapu atau alat penyedot debu. Selain membuat rumah lebih bersih, rutin membersihkan debu juga membuat rumah lebih wangi. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Debu di Rumah Secara Efisien

Membersihkan kamar mandi

Ilustrasi membersihkan kamar mandi.Shutterstock/New Africa Ilustrasi membersihkan kamar mandi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com