Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Membuat Rumah Selalu Bersih dan Rapi

Kompas.com - 20/05/2022, 11:47 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjaga rumah tetap rapi dan bersih tidak harus selalu melakukan pembersihan secara mendalam dan menyeluruh yang dilakukan setiap akhir pekan.

Jika demikian, akan semakin banyak kotoran dan debu yang menumpuk serta membuat kamu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan rumah

Disadur dari The Kitchn, Jumat (20/5/2022), ada tiga kebiasaan sederhana yang dapat menjaga rumah selalu bersih dan rapi, bahkan hal ini bisa dilakukan setiap hari seperti berikut ini.

Baca juga: Ada Tamu Datang? Ini 6 Cara Merapikan Rumah Secepat Kilat

Rapikan tempat tidur setiap pagi

Merapikan tempat tidur bisa jadi aktivitas rumah tangga yang membakar kalori, sekitar 2 kalori per menit.PEXELS/YAROSLAV SHURAEV Merapikan tempat tidur bisa jadi aktivitas rumah tangga yang membakar kalori, sekitar 2 kalori per menit.

Meski digunakan untuk tidur selama enam hingga delapan jam pada malam hari, nyatanya membersihkan dan membereskan tempat tidur tidak menjadi prioritas. 

Namun, Ben Soreff, Founder dari House to Home Organizing, mengatakan kebiasaan merapikan tempat tidur setiap pagi merupakan salah satu hal paling penting yang harus dilakukan setiap hari untuk menjaga kamar tidur dan rumah secara keseluruhan. 

Merapikan tempat tidur tak hanya membuat tampak rapi, tapi juga mencegah kamu untuk kembali berbaring. Artinya, kamu akan menjadi lebih produktif serta memulai hari dengan perasaaan positif.

Baca juga: 8 Cara Menggunakan Minyak Esensial untuk Membersihkan Rumah

Segera rapikan dan bersihkan barang yang berantakan 

Setelah merapikan tempat tidur, Andrea Brame, professional organizer, mengatakan untuk segera merapikan dan membersihkan barang yang berantakan. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu menjaga rumah tetap rapi. 

Ilustrasi mencuci piring menggunakan sarung tangan karetFREEPIK.COM/PEOPLECREATIONS Ilustrasi mencuci piring menggunakan sarung tangan karet

Sebagai contoh, mengosongkan mesin pencuci piring, melipat cucian kering, dan segera menyortir surat yang masuk. 

“Jika suatu saat salah satu langkah dibiarkan tidak dilakukan, ini akan menyebabkan kekacauan dan pekerjaan ekstra untukmu pada kemudian hari,” jelas Brame.

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Penyebab Mesin Pencuci Piring Kebakaran

Membersihkan rumah 15 menit sebelum tidur

Hidup akan menjadi lebih mudah saat kamu tidak terganggu oleh apa pun yang perlu dibersihkan atau dirapikan.

Pemilik Professional Organizer New Orleans, Olivia Parks, menyarankan setiap kliennya untuk menerapkan rutinitas pembersihan rumah pada malam hari.

“Setiap malam sebelum tidur, saya memastikan seluruh peralatan dapur sudah dicuci, sampah dibuang, dan barang-barang yang digunakan sepanjang hari telah dikembalikan ke tempatnya masing-masing,” ujar Parks. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com