Kompas.com - 20/05/2022, 08:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi kamar tidur tak hanya memberikan sebuah dekorasi yang baik dan cantik saja, namun harus memberikan kenyamanan dan ketenangan, sehingga dapat mencapai tidur yang berkualitas.

Dilansir Mind Body Green, Jumat (20/5/2022), menurut filosofi feng shui, ada banyak faktor yang berkontribusi pada keseluruhan nuansa ruangan dan warna adalah hal yang penting.

Tiga konsultan feng shui memberikan tips untuk memilih warna di kamar tidur agar tidur semakin berkualitas. 

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat yang Sesuai dengan Desain Ruangan

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah.

Warna yang membawa keberuntungan dalam feng shui

Ketiga ahli  sepakat bahwa merah adalah warna yang paling menguntungkan dalam feng shui karena sangat berapi-api, penuh gairah, dan menguatkan kehidupan.

"Konon, merah adalah warna yang sangat kuat, jadi Anda tidak perlu menggunakannya terlalu banyak," kata Anjie Cho, seorang arsitek dan pendidik feng shui. 

Namun demikian, warna ini bisa sangat berlebihan, jadi bahkan sedikit warna merah di ruangan, seperti bantal beraksen atau karya seni bisa membuat perubahan yang banyak. 

Lantas, apakah ada warna yang harus dihindari di dalam kamar tidur? Tidak ada warna yang benar-benar terlarang dalam feng shui, tetapi beberapa bisa menjadi masalah tergantung bagaimana Anda menggunakannya.

Baca juga: Catat, Ini Warna Cat yang Tidak Boleh Digunakan di Ruang Makan

Rebecca West, pelatih psikologi desain, desainer interior, dan penulis Happy Starts at Home, memberikan contoh berikut.

"Oranye mungkin digunakan dengan baik di ruang keluarga di mana Anda ingin mempromosikan interaksi sosial dan perasaan yang hidup dan menyenangkan, tetapi mungkin bertentangan dengan tujuan Anda di ruangan yang tenang yang dimaksudkan untuk refleksi, seperti sebuah kamar tidur," tuturnya.

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.