Kompas.com - 20/05/2022, 08:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda dari tanaman lainnya, mulai dari frekuensi penyiraman, paparan terhadap sinar matahari, hingga lokasi penempatannya.

Terkait penyiraman sendiri, umumnya orang-orang akan menyiram tanaman menggunakan air yang mengalir dari alat penyiram.

Baca juga: Harus Tahu, Manfaat Meletakkan Es Batu pada Tanaman Anggrek

Namun, ada pula yang menyiram tanaman menggunakan es batu. Bahkan, dikutip dari Our Houseplants, Jumat (20/5/2022), ada penelitian yang mengungkapkan bahwa cara ini aman dan efektif untuk dilakukan.

Adapun penelitian ini dilakukan oleh Ohio State University melalui sebuah eksperimen dengan bunga anggrek. Eksperimen ini dimuat dalam penelitian bertajuk “Ice Cube Irrigation of Potted Phalaenopsis Orchids in Bark Media Does Not Decrease Display Life”.

Ilustrasi tanaman kaktus mini.UNSPLASH/JOHN-MARK SMITH Ilustrasi tanaman kaktus mini.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa menyiram anggrek dengan es batu tidak menghasilkan efek merugikan apa pun pada kesehatan tanaman.

Meski menggunakan es batu untuk menyiram tanaman memang bisa dilakukan, tetapi jumlah es batu harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Jadi, kamu tidak bisa menggunakan jumlah yang sama untuk setiap tanaman selamanya.

Lebih lanjut, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan tentang penggunaan es batu, seperti kapan tanaman bisa disiram dengan es batu dan kapan sebaiknya kamu menghindari es batu. Apa saja?

Kapan tanaman bisa disiram dengan es batu?

  • Akses ke tanaman sulit

Jika tanaman berada dalam posisi yang canggung di suatu tempat di rumahmu, selipkan beberapa es batu ke dalam pot untuk memudahkan proses penyiraman.

Baca juga: Menyiram Anggrek dengan Es Batu, Apa Manfaat dan Seberapa Efektif?

Lalu, tanaman dengan ruang yang sempit pada bagian atas pot, seperti tanaman gantung yang tinggi atau tanaman yang ditaruh di atas lemari tinggi, juga bisa menyulitkanmu menggerakkan penyiram.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.