Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Selalu Pemutih, 3 Bahan Alami Ini Bisa Membersihkan Rumah

Kompas.com - 07/02/2022, 15:36 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPemutih bukan satu-satunya produk pembersih yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rumah.

Sebab, dikutip dari Family Handyman, Senin (7/2/2022), ada tiga bahan alami yang bisa menjadi alternatif pemutih untuk membersihkan rumah. Bahan alami ini juga mudah ditemukan di dapur rumah. Apa saja? 

Berikut ini tiga bahan alami pengganti pemutih yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah. 

Baca juga: Hati-hati, 5 Hal Ini Harus Dihindari Saat Menggunakan Pemutih

Jus lemon

Ilustrasi lemon. UNSPLASH/EGGBANK Ilustrasi lemon.

Danesh Deonarain, pemilik Galaxy Maids yang merupakan perusahaan pembersih, merekomendasikan jus lemon sebagai pengganti pemutih.

“Jus lemon sangat cocok untuk keperluan dapur. Kamu dapat mengganti pemutih dengan jus lemon untuk mendisinfeksi pembuangan sampah, talenan, dan meja,” ujar Deonarain.

Semprotkan jus lemon pada permukaan yang ingin dibersihkan, lalu seka dengan lap atau spons yang direndam dalam air hangat. 

Selain menghilangkan kotoran, jus lemon juga bisa mengharumkan dan menyegarkan rumah. 

Baca juga: Simak, 6 Cara Mudah Membasmi Semut di Rumah, Bisa Pakai Lemon

Minyak esensial

Aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres sehingga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres sehingga dapat membantu mengatasi masalah susah tidur.

Gabrielle Martin, upervisor Bio Recovery—sebuah perusahaan pembersih profesional— menuturkan, minyak esensial dapat menjadi pengganti pemutih.

“Dengan minyak esensial seperti timi, kayu manis, dan pohon teh, kamu hanya memerlukan beberapa tetes untuk diencerkan dengan air,” kata Martin.

Untuk mendisinfeksi permukaan, tuangkan 10 tetes minyak esensial dan tiga cangkir air ke dalam botol semprot.

Baca juga: Cara Membuat Semprotan Setrika Sendiri Pakai Minyak Esensial

Kocok botol agar campurannya merata, lalu semprotkan pada permukaan yang ingin dibersihkan, serta seka dengan kain bersih atau tisu dapur.

Martin menjelaskan, minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri dan membunuh kuman. Selain pohon teh, timi juga dapat memecah bahan organik sehingga cocok untuk menghilangkan debu dan kotoran. 

Baca juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Membersihkan Rumah dari Bau dan Noda

Cuka putih

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.
Deonarain mengatakan cuka putih tidak hanya dapat membersihkan rumah, tapi juga menjaga dinding dan kaca jendela tetap mengkilap.

Campurkan cuka putih dan air ke dalam botol semprot dengan perbandingan yang sama. Lalu, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring sebagai daya pembersihan tambahan.

Baca juga: 6 Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka Putih

Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan pada permukaan yang akan dibersihkan dan seka menggunakan kain bersih atau tisu dapur.

Charles Leduc, Chief Operations Officer di Mold Busters, mengungkapkan bahwa cuka putih dapat menghilangkan jamur di kamar mandi atau shower.

Untuk memanfaatkannya, buat pasta dari campuran cuka putih dan baking soda dengan perbandingan sama. Tuangkan pasta pada area berjamur dan gosok hingga bersih menggunakan spons.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com