Kompas.com - 16/01/2022, 21:19 WIB
Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.

JAKARTA, KOMPAS.comCuka putih merupakan salah satu bahan pembersih alami yang banyak digunakan orang untuk membersihkan rumah

Hal ini lantaran cuka memiliki sifat asam yang dapat menghilangkan penumpukan dan membantu menambah kilau. Namun, tidak semua benda bisa dibersihkan dengan cuka putih.

Nah, biar tak salah, mengutip House Digest, Minggu (106/1/222), berikut benda-benda yang dapat dibersihkan dengan cuka putih. 

Baca juga: Cuka Putih dan Cuka Apel, Mana yang Lebih Efektif Sebagai Pembersih?

Mesin cuci

Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuciUnsplash/PlanetCare Ilustrasi mesin cuci, ruang mencuci

Menurut Architectural Digest, cuka putih yang telah disuling dapat digunakan untuk membersihkan mesin cuci bukaan atas (top-loading) atau bagian depan (front-loading).

Siapkan cuka putih yang telah disuling, baking soda, sikat gigi, kain lap, dan botol semprotan. Campur cuka putih dan baking soda, lalu masukkan ke botol semprotan. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan drum, pintu, bahkan bagian luar mesin cuci. 

Untuk mesin cuci tipe front-load, masukkan cuka terlebih dahulu kemudian nyalakan mesin cuci untuk mencuci beban cucian yang “kosong”. Lakukan hal yang sama untuk soda kue.

Pastikan saat sedang mencuci dua beban cucian “kosong” itu, kamu sudah menyetel mesin cuci pada suhu terpanas.

Baca juga: Simak, Manfaat Cuka Putih untuk Mencuci Pakaian

Kepala shower

Ilustrasi shower, kepala shower.SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi shower, kepala shower.

Air dan percikan sabun dapat menyumbat kepala shower seiring berjalannya waktu. Untuk membersihkannya, manfaatkan kantung plastik berukuran 3,7 liter.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.