Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Ramah Lingkungan yang Bisa Membersihkan Rumah

Kompas.com - 31/12/2021, 21:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah tak selalu menggunakan produk berbahan kimia. Ada banyak bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rumah.

Tentu saja, hasil dari bahan alami ini tak kalah bersih dan berkilau dari pembersih bahan kimia. Ditambah, lebih ramah lingkungan serta menghemat uang.  

Baca juga: 7 Kebiasaan Membersihkan Rumah yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Lantas, bahan-bahan alami apa saja yang bisa digunakan? 

Melansir dari WebMD dan Real Estate, Jumat (31/12/2021), berikut enam bahan ramah lingkungan yang bisa membersihkan rumah.  

Baca juga: Tips Membersihkan Rumah dan Kucing Peliharaan agar Tak Memicu Alergi 

Cuka

Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Cara membersihkan casing HP kayu bisa menggunakan larutan cuka.
Cuka adalah disinfektan alami dan memiliki 1.001 kegunaan dalam pembersihan rumah. Cuka sangat efektif melawan minyak, bakteri, dan jamur serta sebagai pelembut kain. 

Kandungan asam dalam cuka sangat bagus menghilangkan penumpukan bergetah, karat, dan noda air keras.

Cuka bisa digunakan untuk menghilangkan penumpukan dari teko kopi. Selain cuka, Anda juga bisa digunakan jus lemon seperti cuka.

Namun, karena cepat rusak, Anda tidak dapat menyimpan pembersih yang terbuat dari lemon selama lebih dari beberapa hari. 

Baca juga: Membersihkan Rumah Ternyata Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Baking soda 

Ilustrasi baking soda atau soda kue. Selain sebagai bahan pembersih serbaguna, baking soda juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap. FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue. Selain sebagai bahan pembersih serbaguna, baking soda juga ampuh menghilangkan bau tidak sedap.
Baking soda memiliki sifat abrasif alkali yang lembut, menyerap bau di udara, dan bekerja dengan baik untuk banyak tugas pembersihan.

Baking soda dapat membersihkan panci yang gosong dan sisa makanan yang menumpuk pada oven. Letakkan baking soda di tong sampah untuk mencegah bau busuk.

Taburkan baking soda di kain lembap untuk membersihkan permukaan meja, bak cuci piring, oven, kompor, dan bathtub.  

Baca juga: Ragam Manfaat Tak Terduga dari Membersihkan Rumah 

Minyak cengkih

Minyak cengkih secara alami dapat membunuh jamur, ngengat dapur, dan gegat. Untuk memanfaatkannya, 1/4 sendok teh minyak ke dalam satu liter atau empat gelas air, atau campuran air-cuka.

Masukkan minyak cengkih dalam gelas gelap untuk memperpanjang umur minyak karena sinar matahari dapat memecah minyak lebih cepat. 

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Membersihkan Rumah yang Harus Dihentikan  

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah disinfektan alami. Minyak pohon teh ini anti-mikroba, antiseptik, antivirus, dan anti-jamur yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai pembersihan di rumah.

Minyak kayu putih

Ada beberapa aroma tanaman yang menjadi bau yang dibenci kucing karena beracun bagi mereka.SHUTERSTOCK/JPC-PROD Ada beberapa aroma tanaman yang menjadi bau yang dibenci kucing karena beracun bagi mereka.
Minyak kayu putih adalah disinfektan anti-mikroba yang baik. Minyak kayu putih dapat digunakan untuk menghilangkan label yang membandel dari stoples dan mengatasi noda pada pakaian.  

Baca juga: 8 Bahan Makanan yang Dapat Digunakan untuk Membersihkan Rumah

Minyak lavender

Minyak lavender adalah pengusir serangga yang efektif dan sifat anti-bakterinya dapat digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan kamar mandi, terutama kloset. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com