Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Benda di Rumah yang Harus Dibersihkan Menggunakan Asam Sitrat

Kompas.com - 20/04/2024, 13:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asam sitrat adalah senyawa di dalam buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis, dan jeruk Bali yang bisa digunakan untuk membersihkan berbagai perlengkapan rumah. 

Membersihkan perlengkapan rumah dengan asam sitrat relatif lebih mudah. Apalagi saat ini banyak dijual asam sitrat bubuk food grade yang bisa disimpan dalam waktu yang lama. 

Asam sitrat bisa digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (20/4/2024), berikut beberapa benda di rumah yang harus dibersihkan menggunakan asam sitrat

Baca juga: Mengenal Asam Sitrat, Pembersih Serbaguna untuk Peralatan Rumah Tangga

Mesin kopi dan ketel

Ilustrasi mesin kopiSHUTTERSTOCK/Pixel-Shot Ilustrasi mesin kopi

Mesin kopi dan ketel perlu dibersihkan dengan rutin agar tetap berfungsi dengan baik dan tidak ada kotoran yang mengerak. Salah satu bahan pembersih yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerak pada mesin kopi dan ketel yaitu asam sitrat. 

Cara membersihkannya cukup tambahkan satu sendok makan asam sitrat dalam satu cangkir air hangat. 

Lalu gunakan alat seperti biasa, misalnya dengan menjalankan larutan lewat reservoir di mesin kopi dan masuk ke dalam teko seperti saat membuat kopi. Setelah bersih, buang air asam sitrat dan bilas sampai mesin cuci dan ketel benar-benar kinclong. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Kopi Menggunakan Bahan yang Mudah Dijumpai

Talenan kayu

Talenan kayu juga termasuk benda di rumah yang harus dibersihkan menggunakan asam sitrat. Selain membuat talenan lebih bersih, asam sitrat juga bisa membuat talenan bebas dari bakteri dan jamur. 

Cara membersihkan talenan cukup dengan menyemprotkan larutan asam sitrat. Lalu, biarkan larutan meresap ke dalam papan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. 

Meja dapur

Pertimbangkan larutan asam sitrat untuk membersihkan meja dapur. Larutan ini bisa menghilangkan kotoran dan kuman berbahaya yang mungkin menempel di meja tersebut. 

Akan tetapi, pastikan meja dapur tidak terbuat dari batu alam seperti marmer atau granit. Sebab, asam sitrat bisa menimbulkan korosi pada material tersebut.

Baca juga: Tips Membersihkan Meja Dapur agar Kembali Kinclong

Kamar mandi dan bak mandi

Kamar mandi dan bak mandi rentan terhadap penumpukan mineral, sisa sabun, dan jamur. Maka dari itu, dianjurkan untuk membersihkan kamar mandi menggunakan asam sitrat. 

Caranya, cukup semprotkan larutan asam sitrat di bagian yang kotor seperti bilik pancuran, pintu pancuran, dan bak mandi. Lalu, diamkan selama 10 hingga 15 menit dan bersihkan seperti biasa. 

Mesin pencuci piring

Untuk membuat mesin pencuci piring selalu bersih dan tidak bau, maka salah satu caranya yaitu dengan membersihkan alat dapur ini menggunakan asam sitrat. 

Cara membersihkannya cukup dengan menambahkan tiga sendok makan asam sitrat ke tempat sabun cuci piring, kemudian jalankan siklus normal seperti biasa. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com