Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kloset Pakai Asam Sitrat agar Putih Seperti Baru

Kompas.com - 17/09/2023, 10:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara membersihkan kloset kamar mandi. Namun, setelah dibersihkan, belum tentu kloset menjadi putih seperti baru.

Salah satu cara membersihkan kloset agar putih seperti baru adalah dengan menggunakan asam sitrat atau citric acid. Ini adalah salah satu langkah pembersihan tanpa bahan kimia berbahaya dan lebih ramah lingkungan.

Dikutip dari House Digest, Minggu (17/9/2023), asam sitrat adalah komponen alami yang terdapat secara inheren dalam buah jeruk, seperti lemon dan jeruk.

Baca juga: Cara Membersihkan Kloset dengan Pasta Gigi

Ilustrasi asam sitrat atau citric acid.SHUTTERSTOCK/GAYVORONSKAYA_YANA Ilustrasi asam sitrat atau citric acid.

Karena bersifat asam, maka asam sitrat dapat digunakan untuk mendisinfeksi berbagai kuman dan virus, serta menghilangkan kapur, noda air sadah, karat, dan sisa sabun.

Oleh karena itu, asam sitrat adalah bahan pembersih yang bagus untuk kloset.

Jadi daripada membersihkan kloset dengan bahan kimia yang keras dan berbau tajam, cobalah alternatif yang lebih ramah lingkungan ini.

Cara membersihkan kloset pakai asam sitrat

Pertama, kenakan sarung tangan karet. Asam sitrat dalam konsentrasi tinggi berpotensi membakar kulit Anda, jadi sebaiknya lindungi tangan Anda dari tumpahan yang tidak disengaja.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengganti Kloset Baru

Kemudian, untuk membantu asam sitrat memecah kotoran, pertama-tama Anda perlu menuangkan air hangat ke dalam mangkuk untuk menghilangkan penumpukan atau kerak.

Namun, jangan menggunakan air mendidih langsung dari ketel karena dapat berpotensi memecahkan mangkuk, melelehkan cincin lilin yang menahan kloset, atau merusak pipa PVC. Sebaliknya, Anda hanya menginginkannya hangat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com