Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2023, 20:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset yang kotor membuat kita jijik dan tidak nyaman saat menggunakannya. Sayangnya, terkadang noda di kloset sudah terlanjur mengerak sehingga sulit dibersihkan.

Solusi tercepat yang bisa dilakukan yaitu mengganti dengan kloset yang baru. Namun, solusi ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jika kloset Anda kotor, namun tidak ingin mengetahuinya, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu membersihkannya menggunakan sitrun. Dilansir dari Moral Fibres, Selasa (12/9/2023), berikut cara membersihkan kloset dengan sitrun.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Noda Kerak dari Kloset, Tampak Bersih dan Baru

Cara membersihkan kloset pakai sitrun

Noda coklat pada kloset bisa dihilangkan dengan sitrun dan air panas. Caranya dengan menuangkan satu teko penuh air panas ke dalam mangkuk kloset.

Air panas ini tidak boleh mendidih karena bisa membuat kloset retak. Setelah itu, tambahkan sekitar 125 gram asam sitrat atau sitrun ke dalam mangkuk yang sudah diberi air panas.

Ilustrasi membersihkan kloset.Shutterstock/Gumbariya Ilustrasi membersihkan kloset.

Biarkan asam sitrat berada di dalam mangkuk kloset selama kurang lebih satu jam. Anda bisa membersihkan kloset di malam hari dan membilas di pagi hari.

Setelah itu, siram kloset dan gunakan pembersih kloset untuk membersihkan sisa noda. Anda juga bisa menggunakan sikat kloset untuk menggosok noda berkerak pada kloset.

Apabila kloset sangat bernoda, maka Anda bisa mengulang langkah-langkah tersebut berulang kali sampai semua noda hilang.

Baca juga: Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk dengan Disinfektan dan Cuka

Bagaimana cara kerja sitrun dalam membersihkan kloset?

Bahan yang sangat berperan dalam proses pembersihan kloset yaitu air panas dan sitrun. Air panas bisa membantu menghilangkan kerak kapur.

Reaksi kimia antara kedua bahan tersebut akan membantu percepatan reaksi untuk mengangkat noda. Reaksi ini bisa diketahui dari adanya suara desisan saat Anda menambahkan sitrun.

Namun, jika Anda tidak mendengar suara desisan, tak perlu risau karena hal tersebut bisa menjadi indikasi sitrun bekerja lambat. Meskipun demikian, kerak noda tetap bisa hilang secara perlahan.

Hal yang harus dihindari saat menggunakan sitrun untuk membersihkan kloset

Meskipun asam sitrat sebenarnya bukan zat yang berbahaya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan sitrun untuk membersihkan kloset.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Air Sadah yang Membandel di Kloset

Pertama, jangan campurkan sitrun dengan pemutih. Pencampuran keduanya bisa menyebabkan pelepasan gas beracun yang berbahaya untuk kesehatan.

Kedua, asam sitrat memiliki efek samping bagi kesehatan apabila tidak ditangani dengan benar. Asam sitrat termasuk asam pekat yang bisa mengiritasi saluran pernapasan, mata, dan kulit.

Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker saat membersihkan kloset dengan sitrun agar bubuk asam ini tidak terhirup. Gunakan juga sarung tangan agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

Jangan menggosok mata setelah memegang asam sitrat dan jauhkan bubuk asam ini dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com