Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyimpan Daging di Kulkas

Kompas.com - 30/04/2024, 09:46 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Daging bisa dibilang menjadi makanan yang mahal dan membutuhkan perhatian lebih dalam hal penyimpanan untuk membuatnya tahan lama. 

Untungnya, sebagian besar daging yang sudah dimasak dapat disimpan sebagai sisa makanan dan diolah menjadi sejumlah makanan baru, dari dendeng hingga sup. 

Baca juga: Berapa Lama Daging Ayam Mentah Dapat Bertahan di Kulkas?

Namun, hal itu hanya terjadi jika daging tersebut disimpan dengan aman. Untuk membuat daging berumur simpan lebih lama, biasanya kulkas menjadi tempat penyimpanan ideal. 

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), daging yang disimpan di kulkas aman dikonsumsi, selama menyimpannya dengan benar.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan pertama kali sebelum menyimpan daging di kulkas.

Dilansir dari Best Life Online, Selasa (29/4/2024), berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum menyimpan daging di kulkas

Potong daging setelah dimasak

Ilustrasi daging sapi. SHUTTERSTOCK/K_SAMURKAS Ilustrasi daging sapi.
Jika ingin membuang sisa daging ke dalam kulkas, jangan langsung memasukkannya ke  kulkas. 

Menurut CDC, Anda tidak boleh mendinginkan daging matang yang belum dipotong.

“Potongan daging yang besar, seperti daging panggang atau kalkun utuh, harus dibagi-bagi dalam jumlah kecil untuk disimpan di kulkas,” CDC memperingatkan. 

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Disimpan di Pintu Kulkas

Menyetel suhu yang tepat 

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan sebelum menyimpan daging di kulkas adalah pastikan menyetel suhu kulkas yang tepat. 

CDC mengatakan sisa makanan harus disimpan di kulkas pada suhu 4,4 derajat Celsius atau lebih dingin dalam waktu dua jam setelah dimasak.

Jika daging telah terpapar suhu yang lebih panas dari 32 derajat Celsius, seperti di dalam mobil yang panas atau saat piknik musim panas, daging tersebut harus dimasukkan ke kulkas  dalam waktu satu jam untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Selai itu, CDC mengatakan perlu memotong daging berukuran besar dalam jumlah kecil sebelum memasukkannya ke kulkas untuk membuatnya cepat mendingin. 

Baca juga: Catat, Ini Suhu Kulkas yang Ideal untuk Menjaga Makanan Tetap Segar

Daging mengandung bakteri jahat 

Menyimpan daging mentah di freezer bisa tahan hingga satu tahun.SHUTTERSTOCK/Ahanov Michael Menyimpan daging mentah di freezer bisa tahan hingga satu tahun.
Menurut CDC, E-coli dan Salmonella adalah dua jenis bakteri umum yang dapat ditemukan dalam daging. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan sebelum menyimpan daging di kulkas. 

Jika seseorang memakan makanan yang terkontaminasi salah satu bakteri tersebut, mereka dapat mengalami keracunan makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com