Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Bantal Menggunakan Tangan dan Mesin Cuci

Kompas.com - 20/05/2024, 18:29 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kasur, bantal juga menjadi perlengkapan kamar tidur yang perannya sangat penting. 

Bantal membuat tidur lebih nyaman dan berkualitas. Maka dari itu, penting untuk merawat bantal dengan benar agar tetap nyaman saat digunakan. 

Salah satu perawatan bantal yang perlu rutin dilakukan yaitu melakukan pencucian. Sebab, bantal menjadi tempat berkumpulkan minyak tubuh, sel kulit mati, debu, dan kotoran lain, sehingga perlu rutin dicuci. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Bantal agar Tak Jadi Sarang Kuman?

Bantal perlu dicuci setidaknya sekali atau dua kali setahun. Cara mencuci bantal sebenarnya tidak sulit. Namun, harus dilakukan dengan hati-hati agar bantal tidak rusak. 

Dikutip dari The Spruce, Senin (20/5/2024), berikut cara mencuci bantal dengan mudah menggunakan tangan dan mesin cuci. 

Cara mencuci bantal menggunakan tangan

Ilustrasi membersihkan bantal. SHUTTERSTOCK/YUPHAYAO POOH'S Ilustrasi membersihkan bantal.

Mencuci bantal bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan. Keuntungan mencuci bantal menggunakan tangan yaitu bisa dilakukan di semua jenis bantal karena proses pencucian bisa dikontrol dengan mudah. 

Namun, kekurangan proses pencucian menggunakan tangan yaitu membutuhkan waktu lama untuk mengeringkan bantal. Adapun cara mencuci bantal menggunakan tangan, seperti berikut:

Baca juga: Bisakah Mencuci Bantal Busa Memori? Ini Caranya

  • Bersihkan noda terlebih dahulu

Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu melepaskan sarung bantal terlebih dahulu dan mengecek kondisi bantal untuk melihat ada atau tidaknya noda. 

Jika bantal bernoda, maka oleskan penghilang noda berbahan dasar enzim atau detergen berkualitas baik pada noda. Lalu, gosok sikat berbulu lembut dan biarkan bahan pembersih bekerja selama 15 menit. 

  • Campurkan bahan pembersih

Isi bak atau ember besar dengan air hangat dan tambahkan dua sendok teh detergen lembut. Pastikan jumlah air cukup untuk merendam bantal.

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Leher agar Bersih dan Bebas Bau

  • Rendam bantal dalam bahan pembersih

Langkah berikutnya yaitu merendam bantal dalam larutan pembersih selama 10 menit. Lalu, gosok perlahan bantal selama lima menit agar semua bagian bantal bersih. 

  • Bilas bantal dengan air bersih

Setelah semua bagian bantal bersih, buang air sabun dan isi ulang bak dengan air bersih. Lalu, rendam lagi bantal dalam air bersih selama lima menit untuk menghilangkan semua busa sabun. 

Selanjutnya, bilas dengan air bersih selama beberapa kali sampai residu sabun hilang. Remas bantal secara perlahan untuk menghilangkan air, namun jangan diperas. 

Baca juga: Cara Mencuci Bantal Bulu Angsa agar Tahan Lama dan Tak Bau

  • Keringkan bantal

Gunakan handuk mandi yang tebal untuk membungkus bantal dan menyerap air. Bantal bulu angsa dan poliester harus dikocok, kemudian dimasukkan ke dalam pengering. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com