Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bagian Rumah yang Bisa Dibersihkan dalam Waktu 10 Menit

Kompas.com - 28/04/2024, 18:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah merupakan aktivitas yang perlu rutin dilakukan. Namun, tidak semua pemilik rumah memiliki banyak waktu untuk membersihkan rumahnya. 

Bagi mereka yang sibuk bekerja atau beraktivitas di luar rumah, membersihkan rumah menjadi pekerjaan yang paling sulit dilakukan. 

Baca juga: Cukup 10 Menit, Ini 5 Cara Merapikan Rumah

Akan tetapi, ternyata ada beberapa bagian rumah yang bisa dibersihkan dalam waktu singkat, hanya sekitar 10 menit, sehingga bisa dilakukan dengan mudah. 

Dikutip dari Southern Living, Minggu (28/4/2024), berikut ini beberapa bagian rumah yang bisa dibersihkan dalam waktu 10 menit

Microwave

Ilustrasi membersihkan microwave. Shutterstock/goffkein.pro Ilustrasi membersihkan microwave.

Membersihkan microwave ternyata tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dalam 10 menit, microwave sudah kembali bersih dan kinclong. 

Victoria Tran dari Sorted Professional Organizers di New Orleans, mengatakan cara membersihkan microwave ternyata bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. 

Baca juga: Cara Membersihkan Microwave Menggunakan Lemon dan Soda Kue

Cukup isi mangkuk tahan microwave dengan air dan cuka atau jus lemon. Lalu, letakkan mangkuk di dalam microwave dan nyalakan microwave dengan suhu tinggi selama kurang lebih dua hingga empat menit. 

Uap yang keluar akan menghilangkan kotoran dan bau di dalam microwave. Setelah dua sampai empat menit, matikan microwave dan biarkan mangkuk dingin. 

Lalu, bersihkan bagian dalam microwave dengan kain lembap dan keringkan sebelum digunakan kembali. 

Pintu masuk

Selain membersihkan microwave, merapikan pintu masuk rumah juga bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. 

Kegiatan merapikan pintu masuk meliputi; merapikan barang-barang hewan peliharaan, menata sepatu, membersihkan keset, dan menata ulang barang-barang yang biasanya ditempatkan di area pintu masuk rumah. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Debu Menempel di Pintu Masuk Rumah

Kompor

Selanjutnya, bagian rumah yang bisa dibersihkan dalam 10 menit yaitu kompor di dapur. Cara membersihkan kompor dengan cepat diawali dengan mengisi air sabun dalam wastafel dan rendam jeruji atau gulungan di dalam wastafel. 

Bersihkan kompor menggunakan kain lembap sampai semua noda hilang. Jeruji yang direndam dalam air sabun juga perlu digosok sampai kinclong. 

Setelah itu, keringkan seluruh bagian kompor dan pasang kembali bagian kompor sebelum digunakan kembali. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com