Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Kloset, Ini 5 Benda Paling Kotor di Rumah

Kompas.com - 30/04/2024, 17:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak diantara kita mengira bahwa kloset merupakan benda paling kotor di rumah. Padahal, selain kloset ada beberapa benda yang juga menjadi sarang kuman. 

Jika dibiarkan begitu saja, benda-benda tersebut akan semakin kotor dan menjadi media penularan berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui benda yang paling kotor agar rutin dibersihkan. 

Dikutip dari Real Simple, Selasa (30/4/2024), berikut ini beberapa benda paling kotor di rumah selain kloset kamar mandi. 

Baca juga: Bukan Kloset, Ini 5 Benda Paling Kotor di Rumah

Spons dapur dan lap piring

Ilustrasi spons cuci piring.FREEPIK/MRSIRAPHOL Ilustrasi spons cuci piring.

Spons dan lap piring yang digunakan di dapur mudah terkontaminasi bakteri dan kuman lainnya selama proses pembersihan, apalagi jika spons dan lap piring tidak langsung dibersihkan setelah digunakan. 

Untuk membersihkan spons, cukup basahi dan masukkan ke dalam microwave selama dua menit setiap hari.

Setiap dua minggu sekali, sebaiknya spons diganti dengan yang baru. Semakin sering digunakan, spons sebaiknya lebih sering diganti. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Spons dan Kain Lap Dapur yang Bau

Sementara itu, kain lap bisa dibersihkan dengan cara mencucinya di dalam mesin cuci. Tambahkan sedikit pemutih agar lap bersih maksimal. 

Alat pembuat kopi

Selanjutnya, benda paling kotor di rumah yaitu tempat penampungan kopi. Sebab, tempat ini cukup lembap, sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur lebih mudah. 

Untuk membersihkan tempat penampungan kopi bisa dengan memasukkan cuka ke dalam reservoir, lalu biarkan selama 30 menit sebelum mengalirkannya ke dalam bagian alat. 

Setelah itu, jalankan dua hingga tiga siklus air bersih sampai bau cukanya hilang. Umumnya, produsen alat pembuat kopi merekomendasikan untu melakukan pembersihan mendalam setiap 40 sampai 80 kali pemakaian atau setiap bulan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Pembuat Kopi

Meja dapur

Selain spons dan lap piring, bagian dapur lainnya yang juga menjadi tempat paling kotor di rumah yaitu meja dapur. Sebab, meja dapur sering digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan, sehingga bakteri mudah berkumpul di tempat tersebut. 

Jika tidak dibersihkan dengan rutin, meja dapur akan semakin kotor dan dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk rutin membersihkan meja dapur secara mendalam. 

Cara membersihkan meja dapur bisa diawali dengan membilas menggunakan air sabun panas. Lalu, bilas dengan bersih. 

Selanjutnya, oleskan larutan pemutih atau bahan pembersih lainnya sesuai dengan jenis meja yang dimiliki. 

Baca juga: Tips Membersihkan Meja Dapur agar Kembali Kinclong

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com