Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2024, 16:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun merupakan aktivitas yang menyenangkaan. Selain menyenangkan, berkebun juga mendatangkan banyak manfaat.

Beberapa manfaat berkebun di rumah, seperti membuat rumah terasa lebih segar, mendapatkan hasil panen berkualitas, membuat suasana hati lebih bahagia, sebagai aktivitas fisik, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Berkebun Sayur

Berkebun sebenarnya mudah dilakukan. Namun, bagi pemula tentu saja perlu pedoman khusus agar bisa berkebun dengan benar. 

Dikutip dari Real Simple, Selasa (30/4/2024), berikut sejumlah tips berkebun untuk pemula agar bisa mendapatkan tanaman yang tumbuh subur. 

Siapkan perlengkapan berkebun

Ilustrasi berkebunPEXELS/Karolina Grabowska Ilustrasi berkebun

Sebelum memulai berkebun, penting untuk menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan memiliki alat berkebun sendiri, maka aktivitas berkebun akan lebih mudah dilakukan. 

Baca juga: Cara Memulai Berkebun di Lahan Kecil bagi Pemula

Jane Dobbs ketua tim berkebun di Allan;s Gardeners, mengatakan beberapa alat berkebun yang perlu disiapkan seperti sekop, pemangkas, alat penyiram, dan sarung tangan. 

Peralatan berkebun bisa dibeli di toko pertanian terdekat atau e-commerce kesayangan. 

Pilih tempat yang tepat untuk berkebun

Selanjutnya, tips berkebun untuk pemula yaitu memilih tempat yang tepat untuk berkebun. Jika memiliki halaman yang cukup luas, tak ada salahnya untuk berkebun di halaman rumah. 

Namun, jika tidak mempunyai halaman luas, maka budidayakan tanaman bisa dilakukan di dalam rumah. 

Menanam tanaman bisa dilakukan langsung di tanah atau dalam pot asalkan media tanamnya subur. Selain tingkat kesuburan, pemilihan tempat berkebun juga disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. 

Baca juga: 6 Tips Berkebun yang Perlu Diketahui Para Pekebun

Pilih tanaman yang mudah tumbuh

Mevin Cubian, ahli botani dan berkebun, mengatakan bahwa berkebun memang mudah, namun bagi pemula menjadi hal yang cukup menantang. Oleh karena itu, Cubian menyarankan untuk menanam tanaman yang mudah tumbuh seperti selada, kangkung, lobak, bayam, dan sayuran lain. 

Cubian juga mengatakan tanaman herba seperti kucai, kemangi, dan mint bisa menjadi pilihan untuk pemula karena perawatannya cukup mudah. 

Bagi pemula, Cubian juga menyarankan untuk menanam tanaman di dalam pot terlebih dahulu. Apabila berhasil, maka tak ada salahnya untuk mencoba menanam di kebun luar ruangan. 

Menggunakan tanah yang subur

Ilustrasi menanam sayur di rumahSHUTTERSTOCK/AH-FRAME Ilustrasi menanam sayur di rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com