Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2024, 15:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rak merupakan salah satu ruang penyimpanan yang bisa membuat dapur terlihat lebih rapi dan terorganisir. Barang-barang yang disimpan di dalam rak akan lebih rapi dan mudah ditemukan. 

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, rak dapur juga akan membuat dapur terlihat lebih menarik dan estetik. Maka dari itu, rak dapur perlu dihias dengan cantik. 

Baca juga: 5 Ide Rak Dapur yang Cantik dan Fungsional

Cara mendekorasi rak dapur cukup mudah. Dikutip dari Chique Home Living, Selasa (30/4/2024), berikut ini beberapa ide dekorasi rak dapur yang estetik. 

Gunakan tekstur dan warna yang kontras

Ilustrasi rak dapur terbuka.Shutterstock/Switlana Sonyashna Ilustrasi rak dapur terbuka.

Menggunakan tekstur dan warna yang kontras akan membuat perbedaan besar pada ruangan. Tekstur memberikan tampilan visual yang membuat dapur terlihat semakin cantik. 

Tekstur kasar seperti pot tanah liat, talenan, dan mangkuk kayu bisa memberikan kesan intim, pedesaan, dan membuat ruangan terasa alami. 

Sementara itu, tekstur halus seperti kaca, benda logam, dan keramik memberikan kesan chic dan kontemporer pada ruangan. 

Selain menampilkan tekstur yang berbeda, warna yang kontras juga membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Dapur agar Tampak Menarik dan Rapi

Letakkan tanaman di rak

Selanjutnya, ide dekorasi rak dapur yaitu dengan meletakkan tanaman di rak. Tanaman hijau membuat ruangan terasa lebih hidup. 

Tak hanya itu, tanaman hijau juga membawa banyak manfaat, seperti meningkatkan kualitas udara, menjaga kelembapan, dan memberikan ketenangan. 

Jika rak dapur tidak terlalu besar, maka cukup letakkan tanaman hias berukuran kecil. Selain tanaman hias, tanaman herba seperti mint, kemangi, atau rosemary juga bisa ditempatkan di rak dapur. 

Pajang karya seni yang cantik

Karya seni seperti lukisan juga bisa dipajang di rak dapur terbuka. Karya seni bisa mempengaruhi tampilan rak secara keseluruhan. 

Karya seni tidak hanya bisa memberikan warna, namun juga dapat menambah dimensi dan tekstur pada ruangan. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Karya Seni Berdasarkan Ruangan

Gunakan bentuk dan ukuran yang kontras

ilustrasi rak dapurShutterstock/brizmaker ilustrasi rak dapur

Sama seperti tekstur dan warna yang kontras, bentuk dan ukuran yang kontras juga bisa memberikan pengaruh besar pada dekorasi rak dapur. 

Bentuk dan ukuran kontras akan menciptakan tampilan visual yang menarik dan membuat tampilan dapur terlihat lebih estetik. 

Gunakan skema monokromatik

Terakhir, ide dekorasi rak dapur yaitu menggunakan skema monokromatik untuk tampilan yang bersih dan kohesif. Warna yang seragam membuat ruangan terlihat cantik dan teratur. 

Selain itu, skema warna monokromatik juga bisa memberikan efek ruangan yang luas dan terbuka, sehingga cocok untuk dapur yang sempit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com