Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2023, 12:06 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling sibuk dan menyimpan banyak barang.

Jika tidak tertata baik, barang-barang di dapur mudah berantakan. Maka itu, penting menjaga barang dapur tetap rapi. Anda dapat menata rak dapur sebagai tempat penyimpanan.

Baca juga: 6 Cara Menata Rak Dapur agar Rapi dan Sedap Dipandang

Selain itu, sediakan tempat khusus untuk masing-masing barang. Rak dapur yang tertata rapi akan memudahkan Anda mencari dan menemukan benda yang dibutuhkan. 

Dilansir dari Hunker, Jumat (21/4/2023), berikut beberapa tips menata rak dapur agar tetap rapi.

Sortir barang-barang

Ilustrasi rak terbuka di dapur minimalis, desain dapur minimalis.UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGN Ilustrasi rak terbuka di dapur minimalis, desain dapur minimalis.
Semakin sedikit barang yang harus disimpan di rak, Anda akan semakin mudah menemukan barang tertentu. Kosongkan semua lemari dan laci dari barang-barang, pilih barang yang akan disingkirkan atau disimpan kembali.

Baca juga: Mana yang Layak Dipilih, Rak Dapur Terbuka atau Lemari Dapur Tertutup? 

Permudah akses pada barang-barang penting

Jika memiliki cukup banyak rak dan lemari, atur barng-barang yang sering digunakan berada di tempat paling mudah dijangkau. Anda dapat menempatkan barang-barang yang jarang digunakan di rak yang tinggi atau di lemari bagian belakang.

Buat zona penyimpanan

Seiring berjalannya waktu, banyak dapur yang menjadi berantakan dengan barang-barang yang terselip secara acak di setiap sudut dan celah.

Tentukan area penyimpanan khusus untuk barang-barang dengan jenis yang sama. Pilih tempat yang tepat sesuai dengan fungsi barang-barang. 

Baca juga: 5 Benda yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Dapur

Tambahkan rak di atas jendela

Jika ruang penyimpanan benar-benar terbatas, memasang rak di atas jendela atau pintu akan memberi ruang untuk menyimpan barang-barang dekoratif di tempat terbuka. Anda bisa menggunakannya untuk meletakkan barang pecah belah.

Tambahkan rak pada backsplash

Ilustrasi rak terbuka di dapur. UNSPLASH/SOSEY INTERIORS Ilustrasi rak terbuka di dapur.
Tempatkan rak pada backsplash di tengah-tengah antara bagian bawah kabinet dan countertop. Hal ini akan memberi Anda ruang untuk menyimpan peralatan makan kecil atau perlengkapan memasak.

Baca juga: Wastafel Dapur Bau? Atasi dengan 4 Cara Ini 

Rak piring di atas wastafel dapur

Menggunakan rak piring merupakan cara bagus menyimpan piring makan di tempat yang mudah dijangkau. Gunakan ruang di atas wastafel untuk menempatkan rak piring dan menyimpan peralatan makan.

Menyimpan barang-barang kecil di dalam wadah

Wadah plastk sangat berguna menjaga rak kabinet bagian dalam dan rak dinding tetap rapi. Gunakan untuk menyimpan benda-benda kecil, seperti kantong teh celup dan barang-barang lainnya. Pastikan  memberi label pada bagian depan wadah.

Baca juga: Asal-usul Lazy Susan, Papan Putar di Meja Restoran China

Gunakan Lazy Susan

Lazy Susan tersedia dalam berbagai ukuran. Pertimbangkan menambahkan Lazy Susan pada beberapa rak. Anda dapat menggunakan ukuran kecil untuk mengatur barang-barang kecil di ruang yang lebih tinggi. Untuk lemari tinggi, Anda dapat menggunakan Lazy Susan bertingkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com