Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anak Anjing Termahal di Dunia, Tertarik Memeliharanya?

Kompas.com - 01/05/2024, 14:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ras anjing sering menjadi faktor utama saat memutuskan memelihara anak anjing

Namun, ada hal yang tak kalah penting, yakni biaya pertama membelinya. Memang ada beberapa anjing yang bisa diperoleh secara gratis dari tempat penampungan, tapi biasanya ras anjing yang ada tidak sesuai keinginan Anda. 

Baca juga: 7 Barang Rumah Tangga yang Beracun bagi Anjing Peliharaan, Singkirkan

Untuk mendapatkan ras anjing yang disukai, Anda perlu mengeluarkan biaya cukup mahal, baik dari peternak maupun pengasuh anjing.

Namu, biaya ini tergantung di mana Anda membeli anjing dan ras apa yang dipilih. Anda perlu mempertimbangkan investasi mahal, bahkan sebelum mendapatkan sahabat bulu di rumah.

Itu sebabnya MarketWatchsitus—situs web yang menyediakan informasi keuangan, berita bisnis, analisis, dan data pasar saham—membuat peringkat baru untuk ras anak anjing termahal dan termurah. 

Untuk sampai pada temuan mereka, tim berkonsultasi dengan daftar ras anjing resmi American Kennel Club (AKC)—Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat—membagi anjing ke dalam kategori kecil, sedang, dan besar. 

Mereka kemudian melakukan referensi silang daftar ini dengan ribuan iklan berbasis di AS untuk anak anjing yang tersedia di PuppyFinder, mengumpulkan data tentang jenis ras anjing, usia, harga, dan lokasi.

Mereka mengecualikan iklan untuk anjing berusia di atas satu tahun dan yang tidak memiliki harga. Kemudian, menurut laporan MarketWatch, mereka menghitung harga median per ras anjing dan memberi peringkat ras berdasarkan harga median secara keseluruhan dan dalam setiap klasifikasi ukuran. 

Nah, dilansir dari Best Life Online, Rabu (1/5/2024), berikut ras anak anjing termahal  berdasarkan harga awalnya. 

Baca juga: 6 Barang Rumah yang Harus Dijauhkan dari Anjing Peliharaan

Lagotto romagnolo

Ilustrasi anjing Lagotto romagnolo.Shutterstock/Kristina Chizhmar Ilustrasi anjing Lagotto romagnolo.
Lagotto romagnolo menjadi ras anak anjing termahal karena keunikannya. “Kami hanya menemukan 51 iklan di PuppyFinder untuk Lagotto Romagnolo, 'anjing truffle’ Italia yang jarang ditemukan di Amerika Serikat,” jelas penelitian tersebut.

Kelangkaan ini bersama dengan bulu Lagotto yang tebal dan kelucuannya yang tak tertahankan, membuat harganya mencapai US$3.850 atau sekitar Rp62 juta per ekor. 

French bulldog 

Selanjutnya, ras anak anjing termahal adalah French bulldog. Ini adalah salah satu ras anjing paling populer di Amerika Serikat dan salah satu yang paling mahal.

Melalui penelitiannya, MarketWatch menemukan iklan untuk 17.262 anak anjing French Bulldog, yang merupakan hampir sepertiga dari semua anak anjing yang dijual dan menjadikannya sebagai anak anjing paling banyak diiklankan.

"Ras anjing ini dapat berterima kasih pada ukurannya yang besar atas popularitasnya karena Frenchies cocok dengan apartemen yang terkait kehidupan perkotaan modern,” ucap penelitian tersebut.

Sayangnya, penelitian ini juga menunjukkananjing French bulldog memiliki jumlah anak yang sedikit. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com