Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing Asal Amerika Serikat yang Populer dan Mendunia

Kompas.com - 20/01/2024, 16:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ras anjing telah dikembangkan di banyak negara dan benua, kecuali Antartika.

Amerika Serikat khususnya telah memberikan dunia beberapa ras anjing yang luar biasa. Dari California hingga Massachusetts, ras anjing Amerika Serikat ini unik dan beragam dalam penampilan, temperamen, dan tujuan. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Tahan Cuaca Dingin, Ada Siberian Husky dan Akita Inu

Beberapa ras anjing dibiakkan untuk bekerja, sementara yang lain dikembangkan lebih sebagai teman yang menyenangkan. 

Beberapa ras anjing asal Amerika Serikat dapat ditemukan dengan mudah di tempat penampungan hewan dan peternak terkemuka di seluruh negeri, tapi ada ras lain yang tidak begitu umum. 

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Sabtu (20/1/2024), berikut sejumlah ras anjing yang lahir dan dibesarkan di Amerika Serikat.

American bulldog 

Ilustrasi anjing American bulldog.Shutterstock/MVolodymyr Ilustrasi anjing American bulldog.
Bulldog berasal dari Inggris berabad-abad lalu dan digunakan untuk menjaga properti, menggiring ternak, dan dalam olahraga darah barbar.

Anjing Bulldog datang ke Amerika Serikat pada  1700-an, yang juga digunakan di peternakan  untuk pekerjaan peternakan dan sebagai penjaga.

Sekitar masa Perang Dunia II, ras anjing ini hampir punah, tetapi para peternak merevitalisasinya dan menciptakan standar untuk versi Amerika. Anjing-anjing ini atletis, kekar, berotot, serta cukup ramah. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Asal Afrika yang Populer dan Menawan

American hairless terrier

Selanjutnya, ras anjing asal Amerika Serikat adalah American hairless terrier. Ras anjing yang tidak berbulu ini muncul ketika seekor anak anjing betina yang tidak berbulu bernama Josephine lahir dari seekor anjing purebred rat terriers. 

Pemilik Josephine, Edwin dan Willie Scott dari Louisiana, mempunyai misi untuk melihat apakah mereka dapat menghasilkan lebih banyak anak anjing yang tidak berbulu dengan membiakkan Josephine ke rat terrier lainnya.

American hairless terrier telah diakui sepenuhnya oleh American Kennel Club (AKC), organisasi anjing asal Amerika Serikat, pada 2016 sebagai bagian dari Terrier Group. Ini adalah ras tidak berbulu pertama yang dikembangkan di Amerika Serikat.  

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Terlihat Mirip Singa, Penyayang dan Setia

Alaskan malamute 

Ilustrasi anjing Alaskan Malamute.PIXABAY/ERTUZIO Ilustrasi anjing Alaskan Malamute.
Alaskan malamute adalah jenis anjing kereta luncur yang diyakini merupakan keturunan anjing serigala ribuan tahun yang lalu.

Namanya berasal dari Mahlemiut, suku Inuit di Alaska yang mengembangkan seekor anjing yang dapat mengangkut beban berat dalam jarak jauh dan dalam kondisi sulit.

Anjing asal Amerika Serikat ini memiliki bulu ganda yang tebal dan ekor panjang yang melengkung di punggungnya agar tetap hangat. AKC telah mengakui Alaskan malamute sejak 1935. 

Baca juga: Perbedaan Anjing Doberman dan Rottweiler, Mana Terbaik untuk Menjaga?

American eskimo dog 

Terlepas dari namanya, anjing American eskimo diciptakan bukan oleh penduduk asli, tetapi oleh imigran Jerman yang ke Amerika Serikat yang membawa serta anjing Spitz Jerman mereka pada awal 1800-an.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com