Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2023, 19:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memelihara anjing di rumah, ada kalanya anjing kencing sembarangan. Jika tidak segera dibersihkan, kencing anjing bisa menyebabkan rumah kotor.

Tak hanya membuat rumah kotor, kencing anjing juga meninggalkan aroma tak sedap yang menyebar ke seluruh ruangan.

Terlebih jika anjing kencing di area yang mudah menyerap cairan seperti karpet, maka aroma pesing dari kencing anjing akan terperangkap di tempat tersebut dan sulit hilang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing dari Karpet, Kasur, dan Sofa

Walaupun demikian, bau kencing anjing di karpet bisa dihilangkan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Dikutip dari Love to Know, Rabu (27/12/2023), berikut cara menghilangkan bau kencing anjing di karpet.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Ilustrasi menghilangkan bau kencing anjing di karpetSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi menghilangkan bau kencing anjing di karpet

  • Bubuk soda kue
  • Cuka putih
  • Hidrogen peroksida
  • Handuk mikrofiber
  • Handuk kertas
  • Botol semprot
  • Vacuum cleaner
  • Sikat
  • Sabun cuci piring
  • Pengharum ruangan

Baca juga: Simak, Begini Cara Tepat Menghilangkan Bau Kencing Kucing dari Selimut

Cara menghilangkan bau kencing anjing di karpet pakai cuka putih

Cuka putih menjadi salah satu bahan pembersih yang dapat digunakan untuk menghilangkan aroma tak sedap akibat kencing anjing.

Jika noda masih segar, ambilah tisu untuk menyerap cairan sebanyak mungkin. Setelah itu, campurkan satu sendok teh sabun cuci piring, satu sendok teh cuka putih, dan air.

Kocok sampai larutan homogen, kemudian semprotkan ke area bekas kencing. Gosok perlahan dengan sikat, lalu keringkan dengan handuk kertas.

Lalu, oleskan soda kue dan biarkan selama 24 jam atau lebih. Sedot soda kue menggunakan vacuum cleaner. Jika masih tercium aroma pesing, ulangi langkah-langkah di atas berulang kali sampai aromanya hilang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing

Cara menghilangkan bau kencing anjing di karpet pakai hidrogen peroksida

Selain cuka putih, hidrogen peroksida juga bisa digunakan untuk menghilangkan aroma kencing anjing yang menyengat.

Namun, perlu diketahui bahwa hidrogen peroksida memiliki efek pemutih, sehingga sebaiknya tidak digunakan pada karpet berwarna karena bisa membuat warnanya luntur.

membersihkan karpet buluShutterstock/New Africa membersihkan karpet bulu

Sama seperti cara sebelumnya, sebelum dibersihkan menggunakan bahan pembersih, sebaiknya hilangkan sisa kencing anjing menggunakan tisu.

Lalu, di dalam botol semprot, campurkan hidrogen peroksida dan air dengan perbandingan yang sama. Selanjutnya, tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring, kemudian kocok sampai homogen.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Bulu dengan Mudah

Semprotkan larutan pembersih ke area bekas kencing. Selanjutnya, gosok perlahan menggunakan sikat.

Taburkan soda kue di atas noda kencing dan biarkan selama 24 jam. Terakhir, bersihkan soda kue menggunakan vacuum cleaner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com