Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2023, 17:54 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet merupakan aksesori yang penting untuk dimiliki di ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan lain. Selain menambah kenyamanan, karpet juga dapat menambahkan warna dan pola yang menarik pada ruangan.

Namun, karpet juga dapat menjebak kotoran. Karena itu, mengetahui cara membersihkan karpet di rumah penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet dari Noda Minyak dan Lemak

Saat ini, terdapat banyak karpet yang dapat dicuci dengan mesin, namun bagi yang tidak, Anda dapat membersihkannya dengan tangan menggunakan metode yang terbaik.

 

Ilustrasi membersihkan karpet. SHUTTERSTOCK/B-D-S PIOTR MARCINSKI Ilustrasi membersihkan karpet.

Dikutip dari Woman and Home, Sabtu (8/7/2023), berikut ini 4 langkah mudah membersihkan karpet dengan menggunakan tangan.

1. Gunakan vacuum cleaner

Membersihkan permukaan karpet terlebih dahulu adalah langkah pertama dan terpenting saat membersihkan karpet di rumah. Jika tidak, Anda akan mempersulit pekerjaan Anda sendiri.

Jika terdapat partikel kotoran yang lebih besar, baik lumpur atau remah-remah makanan, Anda berisiko menyebarkannya saat menggunakan larutan permbersih.

Bawalah karpet Anda ke luar untuk mengibaskan kotoran yang menempel, atau Anda bisa menggunakan penyedot debu.

Baca juga: 7 Kotoran yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Vacuum Cleaner

Clare Walsh menyarankan untuk menggunakan sambungan bulu sikat yang dapat berputar atau rotating brush. Ini akan membantu menembus lapisan karpet untuk menghilangkan partikel kotoran dengan mudah, katanya.

Untuk menetralkan bau tak sedap, Anda dapat memanfaatkan soda kue. Lucy Rhead, vacuum expert, menyarankan untuk menaburkan soda kue pada area yang berbau dan membiarkannya selama beberapa jam hingga semalaman.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com