Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Langkah Mudah Membersihkan Karpet Tanpa Mesin

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet merupakan aksesori yang penting untuk dimiliki di ruang tamu, kamar tidur, atau ruangan lain. Selain menambah kenyamanan, karpet juga dapat menambahkan warna dan pola yang menarik pada ruangan.

Namun, karpet juga dapat menjebak kotoran. Karena itu, mengetahui cara membersihkan karpet di rumah penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima.

Saat ini, terdapat banyak karpet yang dapat dicuci dengan mesin, namun bagi yang tidak, Anda dapat membersihkannya dengan tangan menggunakan metode yang terbaik.

Dikutip dari Woman and Home, Sabtu (8/7/2023), berikut ini 4 langkah mudah membersihkan karpet dengan menggunakan tangan.

1. Gunakan vacuum cleaner

Membersihkan permukaan karpet terlebih dahulu adalah langkah pertama dan terpenting saat membersihkan karpet di rumah. Jika tidak, Anda akan mempersulit pekerjaan Anda sendiri.

Jika terdapat partikel kotoran yang lebih besar, baik lumpur atau remah-remah makanan, Anda berisiko menyebarkannya saat menggunakan larutan permbersih.

Bawalah karpet Anda ke luar untuk mengibaskan kotoran yang menempel, atau Anda bisa menggunakan penyedot debu.

Clare Walsh menyarankan untuk menggunakan sambungan bulu sikat yang dapat berputar atau rotating brush. Ini akan membantu menembus lapisan karpet untuk menghilangkan partikel kotoran dengan mudah, katanya.

Untuk menetralkan bau tak sedap, Anda dapat memanfaatkan soda kue. Lucy Rhead, vacuum expert, menyarankan untuk menaburkan soda kue pada area yang berbau dan membiarkannya selama beberapa jam hingga semalaman.


Kemudian sedot sisa residu yang tersisa di pagi hari, tutur Rhead.

2. Mengatasi noda

Jika karpet terkena noda, Anda harus segera menanganinya dengan cepat, terutama untuk noda riasan atau noda darah.

Untuk tumpahan cairan, penting untuk bertindak cepat. Walsh menyarankan untuk membersihkan partikel yang lepas atau kering dengan tangan atau menggunakan sendok bulat terlebih dahulu, yang tidak akan merusak seratnya.

Selanjutnya, cukup bersihkan noda dengan mikrofiber bersih atau tisu. Tekan-tekan noda dan ulangi dengan kain kering sampai cairan terserap.

Hindari menggosok karena dapat merusak serat karpet dan menyebarkan noda serta mendorongnya masuk ke permukaan.

Jika masih terdapat noda, bersihkan dengan sabun cuci piring atau sampo karpet yang ringan. Usap dengan lembut dari tepi luar noda ke arah tengah, hindari menyebarkan noda dan membuatnya lebih luas, saran Walsh.

3. Bilas residu

Akhiri pembersihan dengan memastikan semua sisa larutan pembersih telah dibersihkan. Untuk membilas, cukup semprotkan air hangat bersih ke area tersebut dan bersihkan kelebihannya dengan kain bersih, ujar Walsh.

Ulangi langkah ini hingga noda hilang dan larutan pembersih telah benar-benar hilang.

4. Keringkan

Biarkan karpet Anda kering mengering. Jika Anda memiliki halaman belakang, jemurlah di atas tali agar lebih cepat kering.

Hindari meletakkan karpet kembali sampai benar-benar kering, untuk menghindari jamur atau kelembapan yang dapat merusak semua kerja keras Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/08/175400476/4-langkah-mudah-membersihkan-karpet-tanpa-mesin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke