Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Memadukan Pola untuk Mendesain Ruangan Bergaya Bohemian

Kompas.com - 28/04/2024, 16:47 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bohemian atau Boho adalah gaya dekorasi yang mengadaptasi gaya hidup nonmaden Eropa yang cenderung bebas dan tanpa aturan.

Lambat laun, gaya Bohemian ini mulai diadopsi bidang arsitektur dan desain interior. Para desainer interior merancang sebuah gaya yang bertolak belakang dengan gaya tradisional yang telah lama digunakan. 

Baca juga: 5 Ide Desain Ruang Tamu Boho yang Cantik dan Menarik

Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk menciptakan desain Bohemian, salah satunya memadukan beberapa pola dalam ragam bentuk dan warna.

Dilansir dari Home Decor Bliss, Minggu (28/4/2024), berikut sejumlah cara memadukan pola untuk mendesain ruang bergaya Bohemian. 

Ilustrasi ruang keluarga bergaya Bohemian atau Boho.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga bergaya Bohemian atau Boho.

Latar belakang berwarna netral dapat membuat terlihat menonjol tanpa membuat ruangan terlihat terlalu ramai.

Pada dasarnya, warna netral dapat memberikan kehangatan atau kesejukan pada ruangan, tergantung pada cahaya alaminya.

Pada ruangan yang memiliki jumlah cahaya alamicukup terang, warna netral, seperti abu-abu muda, menjadi pilihan tepat untuk mengimbanginya.

Sedangkan, ruangan dengan minim cahaya alami dapat menggunakan warna beige untuk meningkatkan kenyamanan.

Warna netral tidak hanya diaplikasikan pada dinding, tapi juga perabotan, seperti sofa, dapat memperkuat kesan ruangan serta meningkatkan kenyamanan. 

Baca juga: 5 Ide Dapur Luar Ruangan yang Estetik dan Fungsional

Mainkan skala

Selanjutnya, cara memadukan pola untuk mendesain ruang bergaya Bohemian. Memadukan pola besar, sedang, dan kecil menambah kedalaman dan daya tarik ruangan serta membuat desain tetap dinamis dan seimbang.

Dalam memainkan skala, mulailah dari hal besar. Misalnya, menggunakan karpet dapat menentukan suasana dalam ruangan.

Setelah itu, lanjutkan dengan hal-hal ebih kecil, seperti tirai dan selimut. Pastikan semua elemen harus saling melengkapi, bukan berbenturan.

Terakhir, perhatikan elemen-elemen dekorasi tambahan, seperti bantal, dan pastikan dekorasi memiliki tekstur tidak terlalu berlebihan.

Selanjutnya, untuk menarik perhatian, terapkan pola di seluruh ruangan. Gunakan beberapa ukuran pola untuk menghindari kekacauan. Usahakan menghasilkan campuran yang mencakup ketiga skala tanpa membebani ruang.

Contohnya, menampilkan karpet bermotif besar dan berani, tirai dengan pola sedang yang kurang dominan, dan aksen bermotif kecil, seperti bantal seta dekorasi meja. 

Baca juga: 7 Warna yang Cocok dengan Dekorasi Bohemian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com