Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Rumah yang Cocok untuk Setiap Ruangan

Kompas.com - 23/04/2024, 13:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ingin mendekorasi ulang rumah, pertimbangkan untuk memilih gaya dekorasi yang cocok untuk setiap ruangan di rumah. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat setiap ruangan di dalam rumah terlihat lebih menarik. Mulai dari memilih skema warna yang tepat, menempatkan pencahayaan yang sesuai, hingga meletakkan furnitur yang nyaman. 

Dikutip dari The Spruce, Selasa (23/4/2024), berikut ini beberapa ide dekorasi rumah yang cocok untuk setiap ruangan. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Rumah Retro yang Cantik dan Menawan

Gunakan headboard bergelombang

Ilustrasi tempat tidur, sandaran tempat tidur atau headboard. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi tempat tidur, sandaran tempat tidur atau headboard.

Jika ingin membuat kamar tidur terasa kekinian, maka cobalah menggunakan headboard bergelombang. 

Padukan headboard bergelombang dengan wallpaper merah muda cerah yang memberikan kesan mendalam dan cantik. 

Pilih ubin zellige

Selanjutnya, ide dekorasi rumah yang cocok untuk setiap ruangan yaitu menggunakan ubin zellige. Ubin ini bisa memberikan nuansa dan tekstur pada ruangan modern. 

Tak hanya itu, ubin ini juga bisa memberikan karakter di dinding belakang kompor. Tak hanya bisa digunakan di dapur, ubin zellige juga bisa dipasang di kamar mandi. 

Baca juga: 5 Tren Ubin yang Bakal Populer pada 2024, Tahan Lama dan Menarik

Pilih tempat duduk rendah

Kursi tak berlengan yang rendah juga bisa ditempatkan di berbagai ruangan. Kursi ini membuat nuansa santai di dalam ruangan. 

Tempat duduk rendah cocok dipadukan dengan karpet dan dekorasi interior berwarna krem yang membuat ruangan terlihat semakin cantik. 

Tempelkan wallpaper di plafon rumah

Wallpaper yang dipasang di plafon rumah akan membuat ruangan terlihat lebih menarik. Alvin Wayne seorang desainer interior menyarankan untuk memilih wallpaper bunga berukuran besar untuk memberikan kesan modern. 

Jika sudah menggunakan wallpaper di langit-langit rumah, maka sebaiknya pilih skema warna netral dan perabotan sederhana agar ruangan tidak terlihat berlebihan. 

Baca juga: 5 Prediksi Tren Wallpaper 2024 Menurut Ahli

Pilih gorden bermotif bunga

Ilustrasi karpet bulu.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi karpet bulu.

Pada jendela bisa dihias dengan gorden bermotif bunga. Motif cantik pada gorden membuat ruangan terlihat lebih menarik. 

Selain dapat memperindah ruangan, gorden bermotif bunga juga bisa menjaga privasi serta mengontrol cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. 

Letakkan karpet

Terakhir, ide dekorasi rumah yang cocok untuk setiap ruangan yaitu meletakkan karpet di atas lantai. Karpet dapat menambah tekstur di dalam ruangan. 

Selain itu, motif dan warna karpet juga membuat ruangan lebih beragam. Karpet yang tebal akan membuat ruangan lebih nyaman dan hangat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com