Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing yang Senang Berlari, Cocok untuk Pelari

Kompas.com - 04/01/2024, 20:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berlari menjadi salah satu hobi yang banyak digemari beberapa orang. Namun, berlari sendiri bisa membuat kurang semangat dan menyenangkan.

Maka itu, perlu mencari teman yang bisa diajak berlari. Teman tersebut bisa anjing peliharaan Anda. Berlari bersama anjing peliharaan bisa sangat menyenangkan dan menjalin ikatan dengan sahabat bulu. 

Baca juga: 6 Ras Anjing Berwajah Seram, Tertarik Memeliharanya?

Ada banyak ras anjing yang memiliki banyak energi untuk diajak berlari, dari kelompok anjing olahraga, penggembala, hingga anjing terrier.  

Sebagian besar ras anjing tersebut telah dikembangkan dari generasi ke generasi karena keatletisan serta daya tahannya.

Beberapa anjing ras campuran juga merupakan pelari yang hebat, terutama jika memiliki campuran lebih dari ras yang suka berlari.

Namun, berhati-hatilah saat membawa anjing berlari. Anjing sering kali membutuhkan istirahat, jadi bawalah air untuk sahabat bulu.

Berhentilah berlari dan pulanglah ke rumah jika anjing peliharaan terlihat enggan berlari, kesulitan bernapas, terlihat kesakitan, mulai pincang, terlihat kepanasan, atau terlihat tertekan. 

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Kamis (4/1/2023), berikut beberapa ras anjing yang senang berlari.  

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Tidak Cocok untuk Anak-anak, Galak dan Bisa Gigit

Weimaraner

Ilustrasi anjing Weimaraner.Shutterstock/Kwadrat Ilustrasi anjing Weimaraner.
Sebagai anggota dari kelompok olahraga, Weimaraner memiliki kecepatan dan daya tahan yang bagus. Tak heran, membuat Weimaraner menjadi rekan lari yang ideal untuk jarak pendek dan jauh.

Ras anjing ini dapat mentoleransi panas cukup baik dan menikmati banyak latihan. Sebaliknya, anjing Weimaraner yang tidak cukup berolahraga dan berlatih dapat mengembangkan masalah kecemasan atau perilaku. 

Vizsla

Selanjutnya, ras anjing yang senang berlari adalah Vizsla. Ini adalah anjing pemburu pekerja keras yang sangat menyukai olahraga.

Anjing kelompok olahraga ini memiliki daya tahan dan kecepatan sangat baik. Vizsla dapat mentoleransi panas dengan baik dan cenderung sangat dekat dengan pemiliknya.

Beberapa orang menjuluki Vizsla sebagai "anjing Velcro". Anjing ini adalah teman setia dan teman berlari yang hebat. 

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Tahan Cuaca Panas, Cocok Dipelihara di Indonesia

Dalmatian

Ilustrasi anjing Dalmatian.PEXELS/JOZEF FEHER Ilustrasi anjing Dalmatian.
Meski termasuk dalam kelompok non-olahraga, Dalmatian adalah "atlet" alami yang membutuhkan banyak latihan untuk berkembang.

Sejarah ras anjing ini tidak banyak diketahui, tetapi Dalmatian harus tetap aktif dan sibuk. Anjing Dalmatian pernah digunakan sebagai anjing penarik kereta atau pelatih yang akan berlari di samping kereta kuda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com