Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing Besar yang Ramah Keluarga, Aman untuk Anak-anak

Kompas.com - 18/07/2023, 09:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing tersedia dalam beragam ukuran, dari kecil, sedang, hingga besar. Setiap ukuran ini memiliki karakteristik sendiri. 

Beberapa orang menyukai anjing berukuran besar lantaran lebih enak diajak berpelukan. Ada banyak anjing besar yang ramah keluarga di dunia. Beberapa ras anjing besar juga terkenal karena sikapnya yang setia, penyayang, dan lembut. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Penjaga Terbaik untuk Rumah dan Keluarga

Apabila memiliki anak kecil di rumah, pastikan ras anjing besar berkepribadian tenang dan ramah. Jangan lupa memberikan pelatihan serta sosialisasi untuk memastikan anjing besar tetap berperilaku baik.  

Nah, dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (18/7/2023), berikut sejumlah ras anjing besar yang ramah keluarga.

Labrador retriever

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.Unsplash/brummywithatummy Ilustrasi anjing Labrador Retriever.
Dari kepribadian yang manis, penuh kasih, hingga antusiasme , ada banyak hal yang bisa dicintai dari anjing Labrador retriever.

Labrador retriever secara konsisten menduduki peringkat sebagai ras paling dicintai di Amerika Serikat ari tahun ke tahun.

Anjing Labrador retriever dikenal dengan kecerdasan dan temperamen yang baik. Dikembangbiakkan sebagai anjing pemburu, Labrador retriever adalah sahabat yang sangat baik dan mudah dilatih daripada ras lainnya.

Karena itu, Labrador bekerja sebagai anjing penolong bagi tunanetra, bantuan bagi penyandang disabilitas, anjing terapi, serta anjing pencarian dan penyelamatan. 

Baca juga: 7 Ras Anjing Pendamping yang Menggemaskan dan Setia

German shepherd 

German shepherd telah lama digunakan sebagai anjing pemburu dan penggembala di Jerman. German shepherd sering dilatih sebagai anjing pelacak, bekerja dengan polisi, pencarian dan penyelamatan, serta militer karena kecerdasan dan sikap pekerja keras yang dimilikinya.

Selain itu, German shepherd juga menjadi ras anjing besar yang ramah keluarga. Ras anjing besar ini sangat setia dan penyayang, menjadikannya pilihan sempurna untuk keluarga yang aktif.

Bernese mountain dog

Ilustrasi anjing Bernese Mountain Dog.UNSPLASH / Alexandra Lau Ilustrasi anjing Bernese Mountain Dog.
Bernese mountain dog merupakan ras anjing asal Swiss. Anjing Bernese digunakan untuk pencarian dan menyelamatkan orang-orang yang terdampar di Pegunungan Alpen.

Anjing ini sangat protektif, tetapi tidak agresif terhadap manusia. Meski ukurannya besar, Bernese mountain dog sangat lembut, terutama dengan anak kecil, dan senang diikutsertakan dalam kegiatan keluarga. 

Tak heran, menjadikannya pilihan ras anjing besar yang ramah keluarga. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Goldendoodle, Campuran Golden dan Pudel

Golden retriever

Golden retriever digambarkan sebagai anjing keluarga klasik dalam film dan televisi, dari komedi situasi pada 90-an Full House hingga waralaba film Air Bud.

Sama dengan sepupunya, Labrador retriever, Golden retriever juga memiliki kepribadian yang ramah, penyayang, dan kecerdasannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com