Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Anjing yang Cocok untuk Keluarga dengan Anak-anak

Kompas.com - 09/06/2023, 20:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing mengajari kita cara bertanggung jawab, penyayang, baik hati, dan penuh perhatian. Anjing dapat memainkan peran penting dalam mengajarkan sifat-sifat tersebut kepada anak-anak dan membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih baik dan lembut yang juga menyukai anjing.

Itulah sebabnya beberapa orang tua menganggap anjing sebagai bagian penting dari keluarga.

Dikutip dari Southern Living, Jumat (9/6/2023), setiap anjing memiliki temperamen dan kepribadiannya sendiri. Pelatihan dan pengasuhan itu penting, tetapi ada beberapa ras yang umumnya dianggap lebih baik dengan anak daripada yang lain.

Baca juga: 6 Penyebab Anjing Suka Mencakar Seprai dan Cara Menghentikannya

Ilustrasi anjing Labrador Retriever.PIXABAY/chiemsee2016 Ilustrasi anjing Labrador Retriever.

Ada beberapa ras anjing yang cocok untuk keluarga dengan anak-anak, sehingga dapat menjadi referensi Anda untuk memilih anjing peliharaan.

1. Labrador retriever

Labrador retriever adalah salah satu ras anjing paling populer. Anjing ini penyayang dan setia serta bisa sabar dan lembut terhadap anak-anak.

Meskipun demikian, PetMD memperingatkan, anjing Labrador retriever membutuhkan banyak latihan, jadi pastikan keluarga Anda siap menghadapi tantangan, dan sedikit ruang ekstra bagi mereka untuk berlarian dan bermain akan menjadi optimal.

2. Beagle

Anjing Beagle membutuhkan banyak latihan, dapat dilatih untuk melakukan segala macam trik, dan umumnya adalah teman yang sangat pemarah.

Baca juga: 7 Jenis Anjing Mastiff, Bertubuh Besar dan Setia pada Pemiliknya

Ukurannya yang ringkas, pendek, bulu yang mudah dirawat, dan kecerdasannya menjadikan Beagle anjing keluarga yang luar biasa, tulis American Kennel Club (AKC).

3. Pug

Sangat konyol dan mudah dilatih, Pug telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu anjing kecil terbaik untuk anak-anak, menurut situs adopsi anjing Petfinder.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com