Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jenis Anjing Mastiff, Bertubuh Besar dan Setia pada Pemiliknya

Kompas.com - 08/06/2023, 21:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Mastiff adalah salah satu ras anjing populer. Beragam jenis anjing mastiff pun ditampilkan dalam banyak film, salah satunya anjing French Mastiff dalam film Turner & Hooch yang dibintangi Tom Hanks.

Namun demikian, tahukah Anda ada beberapa jenis anjing mastiff?

Dikutip dari Daily Paws, Kamis (8/6/2023), Jo Myers, praktisi kesehatan jarak jauh di Vetster mengatakan, anjing mastiff dibesarkan untuk menjadi anjing penjaga, jadi mereka memiliki temperamen yang menawan, pengabdian yang besar kepada pemiliknya, dan sedikit sifat malas.

Baca juga: Bukan Marah, Ini 5 Alasan Anjing Tidur di Kolong Tempat Tidur

Ilustrasi anjing English Mastiff.SHUTTERSTOCK / Ricantimages Ilustrasi anjing English Mastiff.

Ini adalah anjing raksasa pekerja keras, tetapi mereka juga puas dengan gaya hidup yang relatif tidak aktif, kata Myers.

Anjing mastiff membutuhkan banyak stimulasi dan pelatihan mental, serta berkembang pesat dengan sosialisasi awal dan keterpaparan pada berbagai macam situasi.

Saat mastiff dewasa, sebuah jendela tertutup pada apa yang dianggap anjing sebagai rumah dan keluarga mereka. Akibatnya, mereka lebih cenderung waspada dan defensif di sekitar orang dan hal-hal yang berada di luar definisi itu, jelas Myers.

Besar dan setia, anjing mastiff berasal dari sebagian besar belahan dunia, dengan beberapa ras yang berasal dari 3.000 tahun yang lalu. Berikut beberapa jenis anjing mastiff yang populer.

Baca juga: Kenapa Hidung Anjing Basah? Ini 4 Penyebabnya

1. English mastiff

Baik hati, cerdas, dan ingin menyenangkan, anjing mastiff ini sangat besar. Faktanya, standar ras hanya mencantumkan tinggi minimum untuk jenis anjing mastiff ini, yang mungkin dimulai dari bahu 30 inci dan beratnya bisa mencapai 115 kg.

Keturunan langsung dari ras anjing Molosser kuno, dia menghadapi gladiator dan singa. Tapi jika Anda hanya ingin mengajarinya beberapa trik kemudian bersantai, dia tidak masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com