Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan dengan Beth dan Bluebell, Anjing Peliharaan Raja Charles III

Kompas.com - 06/05/2023, 19:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing menjadi salah satu hewan peliharaan kesayangan anggota keluarga Kerajaan Inggris. 

Keluarga Kerajaan Inggris telah lama dikenal memiliki kecintaan besar terhadap anjing dan menjadi sebuah tradisi.  

Baca juga: 9 Ras Anjing Kesayangan Kerajaan Inggris, dari Corgi sampai Beagle

Setelah kematian Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022, Inggris mengalami lonjakan jumlah orang yang membeli dan memelihara Corgi, ras anjing kesayangan Ratu.  

Sekarang, tampaknya orang-orang Inggris juga ingin meniru pemimpin baru mereka, Raja Charles III—yang hari ini resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris baru—dengan memelihara anjing terrier, tepatnya Jack russell terrier.

Ini dilakukan karena masyarakat ingin tetap memiliki hubungan dengan raja tercinta mereka. 

Seperti diketahui, Raja Charles III dan sang istri, Camilla, telah lama menjadi penggemar anjing Jack russell terrier. Raja Inggris baru itu saat ini memiliki dua ekor anjing Jack russell terrier bernama Bluebell dan Beth.  

Baca juga: 7 Hewan Peliharaan Favorit Keluarga Kerajaan Inggris

Anjing adopsi dari tempat penyelamatan 

Beth dan Bluebell, anjing peliharaan Raja Charles III dan Ratu Camila. Kedua anjing itu merupakan ras Jack russell terrier yang dselamatkan dari pusat penyelamatan anjing di London, pada 2017.Tangkapan layar akun Instragram Clerence House. Beth dan Bluebell, anjing peliharaan Raja Charles III dan Ratu Camila. Kedua anjing itu merupakan ras Jack russell terrier yang dselamatkan dari pusat penyelamatan anjing di London, pada 2017.
Namun, kedua anjing kesayangan Raja Charles III ini bukan anjing yang sengaja dibiakkan khusus untuk dipelihara kerajaan, melainkan diselamatkan dari Battersea Cats and Dogs Home, pusat penyelamatan anjing di London, pada 2017.

Sejak saat itu, kedua anjing tersebut menjadi anggota keluarga Kerajaan Inggris yang sangat dicintai. 

"Ketika saya pergi ke Battersea, Beth muncul dan dia baru saja dipindahkan dari pilar ke tiang dan dibuang," ungkap Camilla menceritakan pertemuan pertamanya anjing Jack russell terrier dalam wawancara BBC Radio 5 Live.  

Ratu Camilla kemudian berpikir akan lebih baik bagi Beth untuk memiliki teman. Raja Charels dan Camilla pun menemukan Bluebell sekitar dua atau tiga minggu kemudian. Bluebell berkeliaran di hutan, tidak memiliki bulu, penuh luka, serta hampir mati. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Populer dari Inggris, Awalnya untuk Berburu dan Bekerja

Raja Charles III dan Ratu Camilla merawatnya kembali, lalu rambut Bluebell tumbuh lagi. "Dia sangat manis, tapi sedikit neurotik, bisa dibilang begitu."

Laporan BBC menyebut bahwa anjing kesayangan Raja Charles III itu menyukai anak-anak dan diperbolehkan "hampir di mana saja", tetapi tidak diperbolehkan tidur di tempat tidur.  

Bluebell dan Beth telah muncul di mata publik saat kedua anjing Jack Russell terrier itu menghiasi sampul majalah Country Life edisi Juli 2022. Kedua anjing itu terlihat sangat lucu mengenakan kalung mutiara buatan Camilla sendiri.

Baca juga: 12 Ras Anjing Asal Inggris, dari Bulldog hingga Terrier 

Rupanya, kedua anjing kesayangan Raja Charles III itu telah meningkatkan popularitas trah Jack russell terrier di kalangan masyarakat

Dikutip dari Telegraph, Sabtu (6/5/2023), penelitian terbaru dari Kennel Club, Badan Pengasuhan Anjing asal Inggris, menunjukkan bahwa jumlah ras anjing Jack russell terrier yang terdaftar telah meningkat sebesar 71 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com