Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Anjing Asal Amerika Latin, Ada yang Berusia 3.000 Tahun Lebih

Kompas.com - 08/04/2023, 21:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Amerika Latin merupakan rumah bagi banyak ras anjing dengan penampilan unik. Salah satu ras anjing asal Amerika Latin yang paling populer adalah Chihuahua, yang berasal dari Meksiko.

Dikutip dari The Spruce Pets, Sabtu (8/4/2023), kawasan Amerika Latin meliputi Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan pulau-pulau di Karibia dan Teluk Meksiko. Area ini mencakup banyak jenis bioma, yakni gurun, pulau tropis, pegunungan, dan banyak lagi.

Jenis anjing asal Amerika Latin bervariasi dari anjing peliharaan yang menggemaskan, anjing penggembala, anjing penjaga, dan anjing untuk berburu.

Baca juga: Catat, Ini Buah yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Anjing

Ilustrasi anjing Chihuahua. UNSPLASH/JAIRO ALZATE Ilustrasi anjing Chihuahua.

1.Chihuahua

Salah satu anjing yang paling populer dari semua ras anjing Amerika Latin, Chihuahua, terkait erat dengan anjing Techichi yang dikembangkan oleh suku Aztec di Meksiko kuno.

Pada pertengahan abad ke-19, ketika trah ini semakin populer, sebagian besar anjing kecil ini berasal dari negara bagian Chihuahua, Meksiko, senama.

Meskipun bertubuh kecil, anjing tangan ini cerdas, aktif, dan terkadang keras kepala, penuh semangat, dan tidak takut dengan orang asing dan anjing lain. Mereka memiliki kepribadian anjing besar dalam tubuh kecil.

Chihuahua juga sangat rentan terhadap kondisi cuaca dingin.

Baca juga: 7 Ras Anjing Terbesar di Dunia, Ada yang Seberat 100 Kilogram

2. Xoloitzcuintli (Mexican Hairless Dog)

Xoloitzcuintli adalah ras anjing asal Meksiko kuno. Anjing ini diyakini berasal dari suku Aztec lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com