Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menempatkan Cermin yang Harus Dihindari

Kompas.com - 06/05/2023, 21:14 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin merupakan benda penting yang melengkapi ruangan. Selain digunakan untuk berkaca, cermin dapat menjadi salah satu elemen dekorasi.

Jika diposisikan tepat, cermin dapat memantulkan cahaya di sekitar ruangan dan menciptakan kesan ruang yang lebih luas. 

Namun, untuk mengoptimalkan penggunaannya, Anda perlu menghindari sejumlah kesalahan. Dilansir dari Livingetc, Sabtu (6/5/2023), berikut kesalahan menempatkan cermin yang harus dihindari.

Baca juga: 4 Cara Menempatkan Cermin di Ruangan agar Memperoleh Cahaya Alami

Menggantung cermin terlalu tinggi

Ilustrasi cermin.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi cermin.
Pertimbangkan dengan baik ketinggian tempat menggantung cermin. Menurut desainer interior Jennifer Jones, kesalahan umum yang ia lihat adalah menggantung cermin terlalu tinggi di atas perabot sehingga ada jarak besar dan tidak ada hubungan antara keuda perabot tersebut.

"Kelemahan lain dari memasang cermin terlalu tinggi adalah hilangnya fungsi untuk dapat melihat bayangan Anda di cermin," katanya. 

Ia menyarankan, aturan praktis yang dapat diikuti adalah memuai dengan menempatkan cermin sekitar 25-30 sentimeter di atas bufet atau konsol, kemudian menyesuaikan dari sana.

Anda dapat meletakkan benda-benda dekoratif, seperti vas, buku, atau mangkuk, di depan cermin untuk menambah daya tarik visual.

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Meja Konsol, Jadi Daya Tarik Area Pintu Masuk Rumah

Memilih cermin dengan skala salah

Saat memilih cermin, sangat penting memilih cermin dengan ukuran tepat yang sesuai dengan ruangan.

Kasee Smith dari Havenly mengatakan selalu ukur dan pilih cermin yang terasa proporsional dengan barang-barang lain di ruangan itu. 

Ia mencontohkan cermin yang diletakkan di atas meja nakas dan memiliki ukuran yang sesuai dengan furnitur tersebut membuat seluruh ruangan terasa seimbang.

Baca juga: 8 Tips Dekorasi Rumah Pakai Cermin untuk Feng Shui Baik

Menggantung semua cermin

Ilustrasi cermin besar di ruang tamu.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cermin besar di ruang tamu.
Tidak semua cermin dibuat sama. Sebagian cermin dimaksudkan untuk digantung, sementara yang lain akan terlihat lebih baik jika diletakkan dalam posisi berdiri.

Menurut Noorein Kapoor dari Noorein Kapoor Design, ini kesalahan yang umum terjadi, terutama untuk cermin berukuran penuh.

Menurutnya, Anda dapat menyandarkan cermin berukuran penuh di dinding daripada menggantungnya. Hal ini membuat ruangan terlihat lebih besar serta berfungsi sebagai hiasan dengan pantulan benda-benda besar yang dapat dilihat di cermin.

"Hal ini juga membuat cermin menjadi titik fokus di dalam ruangan, menambah keindahan pada ruangan," ucapnya.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Penggunaan Cermin Sebagai Dekorasi Rumah

Tidak mempertimbangkan pantulannya

Pertimbangkan pantulan cermin saat menempatkannya di ruangan. Emma Gurner dari Folds Inside mengatakan cermin yang memantulkan sudut kekacauan bukan ide baik.

"Tapi, cermin yang digantung untuk memantulkan karya seni yang idnah akan sangat ideal," ujarya.

Menggantung cermin di kamar tidur

Beberapa desainer menyarankan tidak menggantungkan cermin di bagian utama kamar tidur.

Noorein Kapoor mengatakan kamar tidur hanya didedikasikan untuk tidur. Cermin dapat mempengaruhi ketenangan tidur dan harus dihindari di kamar tidur. 

Namun, jika ingin menempatkan cermin di kamar tidur, hindari meletakkannya di tempat yang memantulkan bayangan tempat tidur. Hal ini dapat memantulkan energi dan membuat Anda tetap terjaga saat mencoba tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com