Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2023, 14:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur sering disebut sebagai jantungnya rumah. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika dapur memainkan peran penting dalam menciptakan aliran energi positif di rumah.

Ini dapat dicapai dengan menggunakan feng shui.

Dilansir House Digest, Senin (27/2/2023), mengaplikasikan prinsip feng shui di dapur dapat membantu menghadirkan kedamaian dan keharmonisan ke dalam rumah, sekaligus meningkatkan kesehatan dan kemakmuran di area lain dalam hidup Anda. 

Baca juga: 7 Tips Membersihkan Dapur Serba Putih

Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia. SHUTTERSTOCK/TARTANPARTY Ilustrasi dapur bergaya Skandinavia.

Berikan perhatian ekstra pada desain dapur dan barang-barang yang disimpan dan digunakan di dalamnya, serta barang-barang apa yang harus dijauhkan dari dapur.

Dapur adalah tindakan penyeimbang yang vital dan alami antara Yin dan Yang, kekuatan berlawanan dari api dan air.

Untuk meningkatkan keseimbangan, Anda harus mengatur penempatan barang-barang yang mewakili kedua elemen ini, sembari menggabungkan elemen feng shui lainnya, yaitu kayu, logam, dan tanah.

Untuk energi kayu, coba gunakan lemari atau meja dapur kayu. Logam dapat direpresentasikan dalam peralatan dapur atau perangkat keras, sedangkan energi tanah paling baik dipanggil melalui bahan alami seperti meja marmer dan ubin.

Baca juga: Letakkan Tanaman di Atas Lemari Dapur, Ini Tujuannya Menurut Feng Shui

Chi dapur

Dasar-dasar chi atau energi yang baik di dapur berkisar pada kebersihan dan ketertiban. Di mana ada penyiapan makanan, ada juga sampah dan piring kotor.

Selain itu, panas dan api yang digunakan untuk memasak yang dihasilkan dari kompor, oven, microwave, panci listrik, dan sebagainya, membawa unsur api.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com