Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Dekorasi Kitchen Set di Dapur Sempit, Apik dan Fungsional

Kompas.com - 20/02/2023, 15:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Kitchen set atau lemari dapur menghabiskan banyak ruang di dapur. Jadi, jika Anda memiliki dapur kecil atau dapur sempit, desain dan tata letak kitchen set perlu dipertimbangkan dengan matang.

Dikutip dari HGTV, Senin (20/2/2023), secara umum, kitchen set dasar memiliki kedalaman 24 inci dan tinggi 36 inci. Kitchen set berada langsung di lantai atau bertumpu pada penyangga kaki empat inci.

Lebar kitchen set dapat bervariasi tergantung pada apa yang ada di atasnya, termasuk bak cuci piring, kompor tanam, atau meja dapur. Kitchen set biasanya setinggi 24 inci dan kedalaman 12 hingga 16 inci, dengan lebar antara 30 sampai 36 inci.

Baca juga: Cara Membersihkan Kitchen Set Kayu agar Tak Menampung Noda

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit, kitchen set di dapur kecil.UNSPLASH/DULKIMSO HAKIM SANTOSO Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit, kitchen set di dapur kecil.

Jika area kerja di dapur kecil mungkin tidak dapat menampung kitchen set dalam ukuran standar, pilihannya adalah membuat kitchen set khusus di dapur untuk memberi Anda penyimpanan yang dibutuhkan di dapur.

Lemari khusus dibuat secara individual sesuai dengan permintaan desain khusus pemilik rumah. Lemari ini biasanya dibuat oleh pembuat lemari lokal atau tukang kayu yang disewa oleh pemilik rumah.

Dari segi desain, kitchen set dapur kecil bisa dibuat terlihat lebih besar dengan menggunakan beberapa tips desain. Pertama, cobalah mengecat kitchen set dengan warna putih.

Warna putih membuat ruangan tampak lebih besar, dan jika Anda mengecat kitchen set dengan warna putih atau warna reflektif lainnya, ruang tersebut akan tampak lebih besar.

Baca juga: 5 Warna Kitchen Set yang Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

Kitchen set di dapur kecil juga bisa dibiarkan terbuka tanpa pintu atau diberi pintu berpanel kaca untuk membuatnya tampak lebih besar.

Berikut beberapa ide dekorasi kitchen set di dapur kecil, yang tidak hanya sedap dipandang, namun juga fungsional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com