Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Warna Taupe

Kompas.com - 20/02/2023, 12:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Taupe atau kelabu tua adalah warna netral yang berada di antara coklat dan abu-abu. Warna yang elegan ini memberikan kenyamanan dalam kesederhanaan, kedewasaan, dan keandalannya.

Taupe memiliki dua warna dasar. Pertama, kelabu tua dengan warna dasar merah, pink, atau kuning yang memiliki efek hangat serta ramah. 

Baca juga: 5 Warna Dapur yang Menenangkan, Hijau hingga Warna Netral

Kedua, taupe dengan warna dasar hijau atau biru yang menyampaikan estetika lebih sejuk serta kontemporer.

Taupe adalah rona abadi dan serbaguna yang cocok dipasangkan dengan hampir semua warna serta berfungsi sebagai latar belakang yang ideal untuk berbagai macam gaya dekorasi. Karena itu, warna taupe menjadi pilihan tepat untuk diaplikasikan dalam dekorasi rumah atau ruangan.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (20/2/2023), para ahli warna dan desainer interior membagikan cara mendekorasi ruangan dengan warna taupe. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Warna Netral di Rumah

Pertimbangkan ukuran ruangan dan cahaya alami

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat taupe.Shutterstock/Artazum Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat taupe.
Penggunaan warna taupe yang tepat ditentukan ukuran, cahaya alami, dan arah pada ruangan. Warna taupe terang akan membuat ruangan kecil dan gelap terasa lebih terang serta luas, sementara taupe gelap menciptakan kesan nyaman, akrab, juga membuat ruangan besar terasa lebih kecil.

Ruangan yang menghadap ke utara tidak mendapatkan banyak paparan sinar matahari dan cenderung terasa lebih dingin dan gelap sehingga warna taupe dengan nada hangat akan memberikan kilau hangat pada dinding. 

Melanie Hay dari Melanie Hay Design Studio merekomendasikan warna Mouse's Back dari Farrow & Ball untuk ruang menghadap utara.

"Ini adalah perpaduan coklat tua dan abu-abu yang indah serta berubah-ubah dalam suasana hati sepanjang hari dan tergantung pada pencahayaan," katanya. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Netral untuk Ruangan dan Cara Menggunakannya

Ruangan yang menghadap selatan mendapatkan banyak cahaya alami sehingga dapat menggunakan warna kelabu tua apa pun meski warna dasar yang sejuk akan menyeimbangkan kehangatan matahari serta menghasilkan suasana tenang dan berangin.

Arianna Cesa, Associate Manager dan Spesialis Pemasaran dan Pengembangan Warna di Benjamin Moore, merekomendasikan mencoba warna cat taupe yang lebih sejuk seperti Waynesboro Taupe dan Plymouth Rock.

Untuk ruangan menghadap ke timur dan barat, kata Cesa, cara terbaik memilih warna adalah mempelajari keseluruhan pencahayaan pada waktu yang paling sering Anda habiskan di ruangan tersebut dan melihat apakah warnanya lebih hangat atau sejuk, lalu mempersempit pilihan Anda. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Warna Netral di Rumah 

Kuasai skema warna monokromatik 

Ilustrasi ruang keluarga bergaya minimalis.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang keluarga bergaya minimalis.
Selanjutnya, cara mendekorasi ruangan dengan warna taupe adalah mengusai skema warna monokromatik. Jika dilakukan dengan baik, skema warna monokromatik menciptakan lingkungan elegan, abadi, dan tenang.

Jelajahi berbagai warna kelabu tua, dari paling gelap hingga terang, dan kombinasikan untuk menciptakan keseimbangan sempurna.

Untuk tampilan dramatis, tapi tidak berlebihan, Cesa menyarankan menggunakan warna cat taupe yang sama pada berbagai permukaan untuk desain seragam dan tidak terputus-putus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com