Kompas.com - 06/10/2022, 16:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memilih skema warna untuk rumah, kebanyakan orang lebih memlih warna netral karena bisa diterapkan di ruang mana pun dan mudah dicocokan dengan warna-warna lain di ruangan.

Namun, warna netral juga dapat membawa citra hambar dan menjemukan. Akan tetapi, anggapan ini tak selalu benar karena warna netral sebenarnya bisa menjadi bagian yang menarik dari desain rumah. 

Baca juga: 4 Warna Cat Netral yang Menambah Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

Ini pula diungkapkan desainer interior John McClain. Ia mengatakan tidak percaya warna netral membosankan. Jika diterapkan dengan baik, warna netral bisa mengasyikkan. 

Nah, berikut empat keuntungan menggunakan warna netral di rumah disadur dari The Spruce, Kamis (6/10/2022). 

Netral itu fundamental

Ilustrasi ruang tamu bergaya SkandinaviaShutterstock/LEKSTOCK 3D Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia
McClain mengatakan bahwa netral adalah hal mendasar. Semua desain yang baik membutuhkan fondasi elemen netral untuk membangunnya. “Apa itu pizza tanpa kulitnya, begitu bangunan tanpa skema warna netral." 

Baca juga: Tren Warna Dinding Kamar Tidur 2022, Warna Netral Masih Populer

Mudah memperbaikinya 

Meski elemen netral sangat mendasar, McClain setuju bahwa jika digunakan secara tidak benar, netral dapat menciptakan ruang yang membosankan. 

Untungnya, keuntungan menggunakan warna netral di rumah adalah sangat mudah diperbaiki. “Ruang netral menjadi salah ketika satu nada digunakan secara berlebihan,” katanya.

Semua putih itu melelahkan, tetapi ada ratusan nada yang tersedia. Putih cerah, putih pudar, gading, dan cream. Variasi warna sangat penting saat mendesain ruangan netral.” 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Warna Netral yang Menenangkan

Memberikan kehangatan dan kenyamanan

Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.SHUTTERSTOCK/2M media Ilustrasi ruang keluarga bernuasa putih, ilustrasi ruang tamu terbuka.
Selain itu, keuntungan menggunakan warna netral di rumah adalah memberikan kehangatan serta kenyamanan.

McClain menjelaskan, selalu kembali ke kombinasi klasik seperti hitam, putih, abu-abu, hijau, dan coklat.

Halaman:
Sumber The Spruce


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.