Kompas.com - 06/10/2022, 15:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comPeralatan pembersih rumah perlu dirawat dan dibersihkan agar lebih efektif membersihkan rumah serta menjaganya bebas bakteri, kuman, dan kotoran.

Lebih lanjut, perawatan dan cara menyimpan peralatan pembersih yang benar dapat memperpanjang usia penggunaan.

Baca juga: Alat Pembersih Rumah Harus Dibersihkan Sebelum dan Setelah Dipakai, Kenapa?

Dengan demikian, dapat menghemat pengeluaran dalam jangka panjang lantaran tidak perlu sering mengganti peralatan pembersih, kecuali sudah waktunya.

“Kita lihat, banyak alat-alat pembersih rumah ditumpuk saja di pojokan. Enggak diperhatikan area penyimpanannya,” ungkap Regional Export Manager Vikan, Alasdair Scott, ditemui dalam acaraExpo Clean & Expo Laundry 2022 di Jakarta International Expo Kemayoran, Kamis (6/10/2022).

Ia mengatakan cara merawat dan menyimpan peralatan pembersih rumah cukup mudah serta tidak memerlukan langkah-langkah khusus seperti berikut. 

Baca juga: 5 Essential Oil yang Bisa Dijadikan Produk Pembersih Rumah

Cara merawat peralatan pembersih rumah

Ilustrasi membersihkan rumah.SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIO Ilustrasi membersihkan rumah.

Menurut Scott, salah satu cara perawatan peralatan pembersih yang baik adalah rajin membersihkannya sebelum dan sesudah pemakaian.

Ia mengungkapkan, sebagian besar peralatan pembersih rumah tidak didekontaminasi terlebih dulu sebelum dijual kepada masyarakat. 

“Peralatan pembersih bisa terkontaminasi mikroorganisme, residu bahan kimia, termasuk alergen dan benda asing. Semua alat harus dibersihkan dulu sebelum digunakan,” tegas Scott.

Baca juga: 2 Cara Mencegah Bulu Sikat Pembersih Rumah Menjadi Rontok

Namun, pembersihan hanya dilakukan setelah membeli peralatan pembersih untuk pertama kali guna mencegah kontaminan apa pun dari luar rumah mengotori hunianmu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.