Kompas.com - 06/10/2022, 12:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata adalah jendela jiwa dan ini juga berlaku untuk anjing. Anjing tidak dapat berkomunikasi dengan manusianya atau pemiliknya melalui kata-kata. 

Namun, dapat menyampaikan banyak hal lewat bahasa tubuh, termasuk mata. Akan tetapi, mata anjing, terutama warna matanya, dapat memberi tahu lebih banyak tentang kesehatan mereka daripada apa yang diinginkan. 

Baca juga: Penyebab Telinga Anjing Chihuahua Terkulai

Selain itu, menyampaikan informasi penting tentang ras dan susunan genetik yang dimiliki anjing. 

Umumnya, anjing mempunyai dua warna mata, yakni coklat dan hitam. Namun, ada beberapa anjing yang memiliki warna mata yang tak biasa seperti hijau. Mengapa demikian? 

Penyebab anjing bermata hijau 

Ilustrasi anjing Chihuahua.PIXABAY/HG-Fotografie Ilustrasi anjing Chihuahua.
Dilansir dari Reader's Digest, Kamis (6/10/2022), genetika turut menentukan warna mata pada anjing. Sebagian besar mata anjing ternyata memiliki berbagai warna cokelat karena semua anjing membawa gen yang menghasilkan pigmen cokelat di iris, yang disebut eumelanin. 

Ini membutuhkan kehadiran gen kedua, seperti gen merle, agar anjing memiliki mata biru, hijau, atau kuning. Gen merle menciptakan tambalan dengan eumelanin tereduksi.

Anjing bermata hijau memiliki sedikit eumelanin, sedangkan anjing bermata biru tidak memilikinya. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Maltese, Dicintai Bangsawan dan Hewan Terkaya

Selain warna mata anjing, gen merle juga bertanggung jawab mempengaruhi warna bulu. Banyak anjing dengan gen merle memiliki warna bulu belang-belang atau tambal sulam yang tidak beraturan. 

Tentu saja, anjing bermata hijau ini tampak tak biasa seperti anjing pada umumnya. Ini menjadi sesuatu yang langka walau anjing terlihat lebih menarik. 

Ada beberapa ras anjing populer yang memiliki gen merle, di antaranya Border collie, Australian sheepdogs, Chihuahua, Dachshunds, Great dane, Pembroke Welsh Corgi, juga Pomeranian. 

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Suka Bermain, dari Corgi sampai Bulldog

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.