Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Ras Anjing Raksasa yang Dapat Dipelihara di Rumah

Kompas.com - 22/09/2022, 12:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing raksasa atau ras anjing ekstra besar besar kerap dihindari beberapa orang untuk dipelihara. 

Selain karena ukurannya, ras anjing raksasa membutuhkan perawatan ekstra dan tanggung jawab besar. Artinya, memerlukan biaya besar, dari makanan, ruang tinggal, hingga pelatihan atau olahraga. 

Baca juga: 6 Fakta Menarik Anjing Saint Bernard, Raksasa Lembut dan Penolong

Ras anjing besar rata-rata memiliki berat 45 kilogram, bahkan lebih. Meski ukurannya sangat besar dan menakutkan, ras anjing raksasa sebetulnya sangat lembut, menggemaskan, memberi kehangatan, serta memiliki keserbagunaan. 

Banyak ras anjing raksasa berada dalam kelompok anjing pekerja. Artinya, menjadi anjing penjaga, menjaga, melindungi, atau melayani dengan cara tertentu.

Dengan demikian, ras anjing raksasa cenderung sangat setia dan penuh kasih sayang dengan pemiliknya. Namun, sering sulit beradaptasi dengan orang asing, setidaknya sampai perkenalan tepat. 

Bila tertarik memeliharanya, berikut tujuh ras anjing raksasa yang bisa dipelihara dikutip dari Reader's Digest, Kamis (22/9/2022). 

Baca juga: 6 Ras Anjing yang Mirip Rubah, dari Corgi sampai Akita Inu 

Great dane

Ilustrasi ras anjing Great Dane. PIXABAY/PEXELS Ilustrasi ras anjing Great Dane.
Great dane memiliki ukuran sangat tinggi. Dikutip dari American Kennel Club (AKC), seekor Great dane jantan memiliki tinggi hingga 82 sentimeter dan berat mencapai 79 kilogram, sedangkan Great dane betina sedikit lebih kecil dengan berat 76 sentimeter dan berat 63 kilogram.

Ukuran itu membuat Great dane bisa memakan ukuran seluruh sofa, tetapi anjing ini sangat sabar, santai, dan tidak banyak menggonggong.

Seekor Great dane bernama Zeus memiliki tinggi 111 sentimeter dari bahunya yang membuatnya dinobatkan sebagai Anjing Tertinggi di Dunia oleh Guinness World Records pada 2012. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Akur dengan Kucing, Bisa Dipelihara Bersama 

Newfoundland

Selanjutnya, ras anjing raksasa yang bisa dipelihara adalah Newfoundland. Anjing ini dikenal sebagai "pengasuh" kesayangan anak-anak.

Di bawah rambut tebalnya yang memberikan tampilan seperti singa, anjing Newfoundland memiliki tulang besar. Anjing ini sangat sabar dan protektif terhadap keluarganya serta perenang terbaik. 

Tibetan mastiff

Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.SHUTTERSTOCK / Olga Aniven Ilustrasi anjing - Anjing ras Tibetan Mastiff.

Tibetan mastiff memiliki ukuran sangat besar, tangguh, dan bulu tebal, terlebih pada lehernya, sehingga membuatnya terlihat seperti singa.  Sebagai anggota kelompok kerja, anjing Tibetan mastiff berubah menjadi pemikir dan pelindung independen yang besar serta bertanggung jawab.

Tibetan Mastiff juga dikenal lembut, tenang, dan sangat sayang dengan keluarga manusianya. Namun, jika terpisah dan sendirian dari pemiliknya untuk waktu lama, anjing Tibetan mastiff akan menemukan cara menghibur diri mereka sendiri tanpa menjadi destruktif. 

Baca juga: Penyebab Anjing Takut Mendengar Suara Vacuum Cleaner 

Boerboel

Juga dikenal sebagai "anjing petani", jenis anjing raksasa yang lebar dan kotak-kotak ini telah ada sejak 1600-an.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com