Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2022, 14:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing umumnya memiliki bola mata berwarna hitam dan coklat. Namun, ada beberapa ras anjing yang bermata biru meski jumlahnya sangat sedikit sekitar lima persen dari semua anjing yang lahir. 

Mata biru pada anjing adalah ciri fisik langka yang membuat penampilan terlihat sangat mencolok. Namun, menurut Laura Robinson, dokter hewan dan penasihat medis di Pawp, anjing dengan mata biru menunjukkan ada beberapa kelainan. 

Baca juga: Asa Usul Anjing dan Kucing Kerap Bertengkar

Laura mengatakan terkadang hal ini bisa disebabkan varian genetik seperti dialami Siberian husky, sementara ada gen lain yang menyebabkan mata biru pada anjing yang 'piebald' atau anjing berwarna putih. 

Lantas, ras anjing apa saja yang memiliki mata biru? 

Nah, disadur dari Reader's Digest, Minggu (18/9/2022), berikut ras anjing bermata biru yang indah dan memukau.

Siberian husky

Ilustrasi anjing Siberian huskyUnsplash/photo nic Ilustrasi anjing Siberian husky
Dikenal karena bulunya yang tebal, berenergi tinggi, dan daya tahannya, Siberian husky adalah salah satu ras anjing bermata biru paling populer.

Namun, untuk memelihara anjing ini, membutuhkan banyak ruang untuk berlari dan membakar energi mereka. Untuk itu, penting memiliki halaman yang luas.

Selain mata biru, Siberian husky memiliki penampilan cukup mencolok seperti bulu berwarna putih, abu-abu, dan hitam yang sangat kontras. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran 

English setter

Selanjutnya, ras anjing anjing bermata biru adalah English setter. Anak anjing ini berukuran sedang yang ceria dengan berat 36 kilogram untuk jantan dan 24 kilogram untuk betina serta memiliki pola bulu berbintik-bintik yang unik.

Link Welborn, dokter hewan sekaligus North American Chief Veterinary (NACV) Officer at Covetrus, mengatakan meski biasanya bermata coklat, anjing English setter terkadang memiliki mata biru. 

"Bersama dengan Dalmatian, English cocker spaniel, dan Bull terrier, anjing English setter lebih mungkin menjadi tuli jika memiliki mata biru," ujarnya.  

Baca juga: 4 Benda yang Wajib Dimiliki Saat Memelihara Anjing, Apa Saja? 

Dalmatian

Ilustrasi anjing Dalmatian.PIXABAY/Huskyherz Ilustrasi anjing Dalmatian.
Dikenal karena bulu putihnya dengan bintik-bintik hitam dan bergaul dengan petugas pemadam kebakaran, Dalmatian adalah anjing berukuran sedang hingga besar dengan tubuh berotot serta atletis.

Dalmatian memiliki energi tinggi sehingga menjadi teman sempurna bagi mereka yang senang beraktivitas di luar ruangan dan kesetiaannya menjadikannya anjing penjaga yang luar biasa.  Dalmatians memiliki mata berwarna coklat dan biru meski lebih jarang.

Dachshund

Dachshund juga termasuk anjing bermata biru. Anjing kecil asal Jerman ini dikenal kuat dan memiliki kemampuan berburu luar biasa. Dachshund juga menjadi salah satu anjing yang memiliki tampilan mudah dikenali, yakni bertubuh panjang dan kaki pendek.

Dachshund biasanya bermata coklat, tapi dalam kasus sangat jarang, mereka dapat memiliki mata biru jika memiliki gen merle atau belang-belang.   

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com