Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2022, 13:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan kucing tidak menyukai air dan akan menghindarinya dengan segala cara.

Tak heran, kucing dan air kerap diasosiasikan tidak bisa bercampur. Kira-kira begitulah kepercayaan atau pepatah lama mengatakan. 

Baca juga: Asa Usul Anjing dan Kucing Kerap Bertengkar

Ketakutan kucing terhadap air ini membuat beberapa orang bertanya-tanya. Pasalnya, sepupunya yang lebih besar seperti harimau, macan tutul, dan kucing hutan tidak membenci air, bahkan berenang untuk mendinginkan tubuh dan memburu mangsa di air. 

Lantas, apa yang membuat kucing takut air

Dikutip dari Reader's Digest, Minggu (18/9/2022), berikut sejumlah penyebab kucing takut air

Baca juga: 4 Manfaat Memelihara Kucing untuk Kesehatan

Air membuat bulu kucing terasa berat 

Ilustrasi kucing mandiShutterstock/KDdesignphoto Ilustrasi kucing mandi
Seekor kucing yang terjatuh ke dalam bak mandi busa atau terperangkap di luar saat hujan dapat membuatnya menghindari air selama hidupnya.

Eve Elektra Cohen, dokter hewan dengan penampungan hewan peliharaan dan organisasi penyelamatan Bideawee, mengatakan saat basah, bulu kucing menjadi lebih berat, lebih dingin, tidak nyaman, serta butuh waktu lama mengeringkannya dengan sendirinya.

Bulu yang basah juga membuat kucing menjadi tidak cepat dan gesit saat berlari, melompat, serta menyeimbangkan diri. Kucing merasa kehilangan kendali karena memperlambat pergerakannya. 

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Kucing 

Kucing takut akan hal yang tidak diketahui

Selain itu, penyebab kucing takut air karena tidak mengetahuinya. Kucing bukan penggemar berat hal-hal asing dan mereka tidak terbiasa dengan genangan air yang lebih besar dari wadah air. Jadi, bak mandi atau kolam renang adalah yang cukup menakutkan bagi kucing. 

"Seperti hal lain yang asing, reaksi awalnya mungkin ketakutan," ucap Jennifer Kasten, dokter hewan di Tomlyn Veterinary Science.

Reaksi ketakutan ini dapat diperburuk jika pemilik menggunakan pistol semprot atau botol semprot untuk mencegah kucing berada di permukaan seperti furnitur atau meja dapur. 

Baca juga: Bisakah Kucing Peliharaan Menonton Acara di TV?

Tidak perlu minum banyak air

Ilustrasi kucing berenang.Shutterstock/Irina Kovynyova Ilustrasi kucing berenang.
Zac Pilossoph, konsultan dokter hewan di Healthy Paws Pet Insurance, menjelaskan, meski indra penciuman kucing 14 kali lebih tajam dari manusia, kucing tidak mungkin dimatikan oleh bau di dalam air, baik untuk minum maupun mandi,

Kurangnya minat kucing terhadap air atau hal yang membuat kucing takut air dapat ditelusuri kembali ke nenek moyang mereka.

Di alam, kucing mendapatkan sebagian besar air yang dibutuhkan tubuhnya dari makanan yang dikonsumsi. "Kucing tidak terlalu tertarik pada perairan terbuka, kecuali mengalami dehidrasi," ucap Pilossoph. 

Tak heran, bila kucing takut air karena tidak membutuhkannya. Begitu pun, saat ini, kebutuhan air untuk kucing dapat diperoleh dari makanan basah kalengan. 

Baca juga: 5 Cara Menjalin Ikatan dengan Kucing Peliharaan Menurut Penelitian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com