Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2024, 20:37 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F.

Editor

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Tanaman lidah mertua atau Sansevieria trifasciata terkenal mudah dipelihara. Bentuknya yang panjang dan dominan hijau ini, tidak memerlukan perawatan yang berlebih. Bisa dibilang, tanaman ini cocok untuk pemula yang mulai menyukai tanaman hias.

Ada jenis lidah mertua dengan tampilan keseluruhan hijau. Namun ada pula lidah mertua dengan tepian kuning.

Baca juga: Cara Menanam Lidah Mertua, Tanaman Hias Penyerap Polusi Udara

Masalah umum yang kerap timbul pada tanaman lidah mertua adalah daunnya yang menguning. Jangan panik, ada beberapa alasan kenapa daun lidah mertua menjadi menguning.

Kondisi klororis atau daun menguning terjadi ketika tanaman tidak mendapatkan zat gizi mikro yang dibutuhkan tanaman untuk menghasilkan klorofil. Zat klorofil ini yang membuat daun berwarna hijau dan membantu tanaman menyerap sinar matahari untuk membentuk makanan bagi dirinya.

Dikutip dari TheSpruce, ada beberapa penyebab klorosis, antara lain:

Ilustrasi tanaman lidah mertua mati.Shutterstock/GreenThumbShots Ilustrasi tanaman lidah mertua mati.

Terlalu banyak air

Lidah mertua sebenarnya tanaman yang tahan kering karena sifatnya yang seperti tanaman succulent, tanaman yang dapat menyimpan air di bagian-bagian yang berdaging tebal, seperti daun atau batang.

Baca juga: Seberapa Sering Perlu Menyiram Tanaman Lidah Mertua?

Jadi, lidah mertua paling baik ditanam di tanah gembur dan kering. Media tanam yang dipakai pastikan saat disiram maka air bisa mengalir dengan lancar sehingga tidak menggenangi akar. Jangan biarkan tanah menjadi padat.

Memberi air berlebihan malah membuat akar susah menyerap nutrisi. Hal ini membuat daun menguning dan akar bisa membusuk. Sebaiknya cukup siram sekali seminggu.

Baca juga: 6 Penyebab Tanaman Lidah Mertua Mati dan Cara Menghindarinya

Kena sinar matahari langsung

Walau lidah mertua beradaptasi dengan baik di matahari terik maupun matahari dalam keadaan mendung, tetap situasi terbaik adalah sinar matahari terang yang tidak langsung.

Jika terkena langsung di bawah sinar matahari terik, daun bisa terbakar. Pastikan lidah mertua ditanam tidak langsung di bawah sinar matahari.

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat. SHUTTERSTOCK/ROSEAESTHETE Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat.

Suhu yang berubah-ubah

Jika tanaman mengalami perubahan suhu yang mendadak, hal ini bisa sebabkan daun lidah mertua jadi menguning. Misalnya, lidah mertua tadinya ditaruh di dalam ruangan yang teduh, lalu tiba-tiba dipindahkan ke luar ruangan di bawah matahari langsung.

Baca juga: 7 Cara Membasmi Kutu Putih, Pakai Alkohol hingga Sabun Cuci Piring

Terkena hama

Beberapa hama seperti kutu putih dan kutu sisik, dapat membuat daun dari lidah mertua jadi menguning. Gunakan pembasmi hama jika lidah mertua mengalami hal ini, misalnya bisa menggunakan minyak kelapa untuk basmi kutu putih.

Baca juga: Cara Memindahkan Tanaman Lidah Mertua ke Pot Baru

Pot sempit

Jika tanaman terlalu banyak dalam satu pot, hal ini bisa sebabkan daun jadi menguning. Apalagi jika lidah mertua tumbuh sampai keluar pot. Pastikan pindahkan sebagian tanaman ke pot baru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com